PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN EKUITAS MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Konsumen Perumahan Citra Kedaton di Yogyakarta)
Abstract
Pada penelitian kali ini, dilakukan studi tentang evaluasi tentang pengaruh
bauran promosi terhadap keputusan pembelian dengan ekuitas merek sebagai mediasi
pada konsumen perumahan Citra Kedaton di Yogyakarta. Penelitian bertujuan untuk
mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian, mengetahui
pengaruh bauran promosi terhadap ekitas merek, mengetahui pengaruh ekuitas merek
terhadap keputusan pembelian dan untuk mengetahui pengaruh bauran promosi secara
tidak langsung terhadap keputusan pembelian melalui ekuitas merek. Pengambilan data
variabel penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner sebanyak 100 eksemplar
pada konsumen yang pernah membeli produk perumahan Citra Kedaton di Yogyakarta.
Teknik analisis data menggunakan Analisis Struktural Equation Model (SEM) dengan
program AMOS 21.
Hasil penelitian menemukan bahwa 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan
antara bauran promosi terhadap keputusan pembelian konsumen, 2) terdapat pengaruh
positif dan signifikan antara bauran promosi terhadap ekuitas merek, 3) terdapat
pengaruh positif dan signifikan antara ekuitas merek terhadap keputusan pembelian
konsumen dan 3) variabel ekuitas merek berperan dalam memediasi pengaruh bauran
promosi terhadap keputusan pembelian pada produk perumahan Citra Kedaton di
Yogyakarta.
Collections
- Management [4548]