Analisis Pengaruh Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Vespa di Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara serentak dan parsial variabel
Motivasi Rasional dan Motivasi Emosional terhadap Keputusan pembelian Sepeda motor Vespa
di Yogyakarta, serta mengetahui pengaruh variabel yang paling dominan terhadap keputusan
pembelian sepeda motor Vespa di Yogyakarta. Populasi yang di gunakan dalam penelitian ini
adalah konsumen yang menggunakan sepeda motor Vespa di Yogyakarta. Teknik pengambilan
sampel menggunakan convenience sampling, yaitu dengan memberikan angket kepada
masyarakat yang menggunakan sepeda motor Vespa dengan jumlah sampel 96 responden.
Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji T, uji F, koefisien
korelasi berganda, koefisien determinasi berganda, analisis korelasi parsial.
Hasil penelitian menemukan bahwa Terdapat pengaruh signifikan antara motivasi
terhadap keputusan pembelian konsumen yang dapat disimpulkan sebagai berikut ;
Persamaan regresi linier berganda Y= 0,917 + 0,343X1 + 0,371X2. Berdasarkan persamaan
regresi tersebut menunjukkan bahwa variabel motivasi rasional berpengaruh positif sebesar
0,343, dan motivasi emosional berpengarun positif sebesar 0,371.
Oleh karena itu implikasi yang disarankan dalam penelitian ini menghendaki Vespa
untuk Meningkatkan variabel motivasi rasional yang terbukti berpengaruh dominan terhadap
keputusan pembelian, strategi yang hendaknya dilakukan yaitu dengan meningkatkan kinerja
pada indikator yang dinilai paling rendah oleh konsumen yaitu teknologi hemat bahan bakar.
Motor matic cenderung lebih boros dibandingkan sepeda motor empat tak, oleh karena itu
produsen sebaiknya membuat sepeda motor dengan teknologi modern yang mampu hemat
bahan bakar, karena kelangkaan maupun kenaikan bahan bakar membuat konsumen memilih
prduk sepeda motor yang irit BBM, sehingga tidak harus sering mengisi bahan bakar dan
menghemat biaya.
Collections
- Management [4548]