dc.description.abstract | Analisis sikap konsumen dalam pembelian produk fashion di Red Door
Distribution Store dan Clothing Company Yogyakarta.
Distribution Store atau yang biasanya disingkat dengan kata 'distro
merupakan salah satu usaha yang marak atau berkembang dengan pesat 3tahun
terakhir ini. Salah satu distro yang terkenal di Yogyakarta adalah Red Door Distro
dan Clothing Co. Red Door berusaha untuk menjadi pilihan utama dalam
berbelanja, sehingga Red Door dituntut untuk selalu memantau dan mengetahui
perubahan perilaku konsumen terutama mengenai sikap konsumen di kalangan
anak mudanya.
Tujuan dari penelitian ini adalah menetapkan sikap konsumen terhadap
atribut produk fashion di Red Door Distro dan Clothing Co. Yogyakarta serta
menetapkan ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara sikap konsumen
terhadap atribut-atribut produkfashion berdasarkan karakteristik konsumen.
Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner dan observasi,
dengan populasi adalah konsumen yang sedang membeli di Red Door Distro dan
Clothing Co. Yogyakarta. Adapun teknik pengambilan sampel pada penelitian mi
adalah dengan menggunakan metode convenience sampling, dengan jumlah
sampel sebanyak 96 responden.
Dari hasil penelitian berdasarkan analisis Jishbein dapat diketahui bahwa
sikap konsumen terhadap atribut-atribut yang ditawarkan oleh Red Door Distro
dan Clothing Co. Yogyakarta adalah positif dengan skor 0,87, dengan pemlaian
sikap paling tinggi yaitu pada atribut trend dengan indek sikap sebesar 1,46.
Kemudian dari hasil analisis Kruskal Wallis dapat diketahui bahwa terdapat
perbedaan sikap konsumen yaitu pada : atribut kecepatan/respon berdasarkan
tingkat usia dan pada atribut keramahan, potongan harga, daya tahan produk, tata
ruang berdasarkan tingkat pendidikan terakhirnya serta pada atribut potongan
harga berdasarkan tingkat penghasilan. | en_US |