Pengaruh Ekuitas Merek Melalui Kepercayaan Terhadap Aqua sebagai Variabel Intervening atau Perantara Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen di Yogyakarta
Abstract
Seiring dengan perkembangan zaman, roda perekonomian semakin tumbuh
dengan pesat. Banyak pula merek-merek yang bermunculan di pasar. Merek-merek
tersebut saling berkompetisi untuk menarik perhatian para konsumen. Untuk
mengatasi persaingan tersebut masing masing merek perlu terlebih dahulu memahami
prngaruh yang terdapat dalam dimensi ekuitas merek itu sendiri. Penelitian empiris
ini dimaksudkan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh antara dimensi ekuitas
merek Aqua terhadap minat beli ulang konsumen yang berada di Yogyakarta.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang sudah pernah melakukan
pembelian pada merek Aqua di Yogyakarta. Sample yang digunakan adalah sebanyak
166 responden dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan berupa
convenience sampling. Variabel data yang digunakan untuk analisis adalah kesadaran
merek, persepsi kualitas, loyalitas merek, dan minat beli ulang. Analisis data dalam
penelitian ini menggunakan regresi linear berganda.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa kesadaran merek berpengaruh positif
terhadap persepsi kualitas merek Aqua. Selanjutnya kesadaran merek, persepsi
kualitas berpengaruh positif terhadap loyalitas merek Aqua. Kemudian pada bagian
akhir penelitian menunjukkan bahwa kesadaran merek, persepsi kualitas, dan
loyalitas merek berpengaruh positif terhadap minat beli ulang merek Aqua
Collections
- Management [4703]