Pengaruh Brand Awareness, Pengenalan Brand Image Terhadap Brand Loyalty dengan Mediasi Intervening dari Brand Trust dan Brand Love Pada Produk Smartphone Samsung di Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kesadaran merek, citra merek,
kepercayaan merek, kecintaan merek terhadap loyalitas merek produk smartphone Samsung
yang ada di Indonesia. Semakin berkembangnya arus globalisasi yang membawa dampak
perubahan pada dunia teknologi, menyebabkan maraknya para perusahaan memdodifikasikan
dan berinovasi pada produk-produk smartphone mereka. Hal yang sama dilakukan oleh
perusahaan yang berasal dari Korea Selatan yaitu Samsung. Samsung melakukan
perkembangan model smartphone mereka dengan mendesain produk smartphone lebih
modern untuk menarik para konsumennya.
Adapun dalam penelitian ini menggunakan 195 sampel responden. Sementara itu
pengambilan sampel penelitian menggunakan metode non-probabilitas dengan teknik
convenience sampling. Sedangkan, teknik analisis yang diambil pada penelitian ini yaitu
menggunakan analisis Structural equation modelling (SEM) dengan bantuan dari program
AMOS versi 24.0. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif
signifikan antara Kesadaran Merek terhadap Citra Merek. Kemudian, adanya pengaruh positif
Citra Merek pada Kepercayaan Merek. Kepercayaan Merek memiliki pengaruh positif
terhadap Kecintaan Merek. Pun dengan Kepercayaan Merek yang mempunyai dampak positif
pada Loyalitas Merek. Terakhir, hasil penelitian ini menyatakan bahwa Kecintaan Merek
juga berdampak terhadap Loyalitas Merek. Selain itu, hasil dalam penelitian ini juga
menunjukan tidak adanya pengaruh positif dari Kesadaran Merek terhadap Kepercayaan
Merek. Selanjutnya, Kesadaran Merek juga tidak memiliki pengaruh signifikan positif pada
Kecintaan Merek. Citra Merek tidak berdampak positif terhadap Cinta Merek. Kesadaran
Merek juga tidak mempunyai pengaruh positif pada Loyalitas Merek dan Citra Merek pun
tidak berdampak positif signifikan untuk mempengaruhi Loyalitas Merek.
Collections
- Management [4703]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENGARUH SIKAP MEREK, PERSEPSI KUALITAS DAN KEUNIKAN MEREK TERHADAP ADVOKASI MEREK YANG DIMEDIASI OLEH KONEKSI MEREK DIRI PADA CITY BRANDING KOTA YOGYAKARTA “JOGJA ISTIMEWA”
Mery Ika Yulieani, 14311579 (Universitas Islam Indonesia, 2019-02-15)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Sikap Merek, Persepsi Kualitas dan Keunikan Merek terhadap Advokasi Merek dimediasi oleh Koneksi Merek-Diri pada City Branding Kota Yogyakarta “Jogja Istimewa”. Populasi ... -
Pengaruh Kredibilitas Merek (Brand Credibility) dan Prestise Merek (Brand Prestige) Terhadap Niat Beli Konsumen pada Produk Fashion Riamiranda
Azzahro, Diana Fatimah, 13311006 (Universitas Islam Indonesia, 2017-03-13)Merek memiliki peran penting dalam mempengaruhi perilaku pilihan konsumen. Sebuah merek yang kuat dapat menarik perhatian konsumen untuk niat beli karena memperoleh kepercayaan dari pelanggan. Produk bermerek ... -
Hubungan antara Kepuasan Konsumen dengan Citra Merek (Brand Image) dan Loyalitas Merek (Brand Loyalty) pada Produk Sampo Studi kasus pada Supermarket Matahari Departmen Store di Jalan Alun-alun Pekalongan
Yulia Nailati (Universitas Islam Indonesia, 2004)Telah dilakukan uji hubungan antara kepuasan konsumen dengan citra merek (brand image) dan loyalitas merek (brand loyalty). Analisis dilakukan dengan menggunakan koefisien korelasi rank spearman. Pengambilan datanya diperoleh ...