Analisis Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Santri Belajar di Pondok Pesantren Al Mujahidin Kecamatan Temanggung Jawa Tengah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan
santri terhadap pelayanan pondok pesantren Al Mujahidin di kecamatan
Temanggung.
Metode yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan terhadap
pelayanan pondok pesantren Al mujahidin, alaha dengan menggunakan analisis
regresi berganda. Dalam hal ini digunakan skala likert yang selanjutnya akan
dijabarkan dan dibagi dalam perhitungan yang mengunakan program komputer yaitu
SPSS ver. 10.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kepuasan santri umumnya telah
terpenuhi, terhadap pelayanan yang diberikan oleh Pondok Pesantren Al Mujahidin
Temanggung. Adapun faktor atau variabel yang sangat berpengaruh terhadap
kepuasan santri adalah variabel fasilitas, seperti pra sarana belajar, kenyamanan
tempat beristirahat dan kenyamana diruang belajar. Pada dasarnya para santri yang
belajar dipondok pesantren ini, menyadari betul akan segala keterbatasan yang
dimiliki oleh pihak pesantren. Hal ini dicerminkan dengan sikap cenderung memilih
poin puas dalam setiap opsi pertanyaan Kuisioner.
Collections
- Management [4527]