Analisis Sistem Antrian Pelayanan Pasien Pada Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rs Pku Muhammadiyah Yogyakarta
Abstract
Salah satu kejadian dalam kehidupan sehari-hari yang sering terjadi adalah
menunggu dalam sebuah pelayanan atau disebut antrian. Antrian salah satunya terdapat pada fasilitas penting seperti pelayanan kesehatan, yaitu instalasi farmasi RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Hal ini tidak jarang membuat pasien berada diwaktu yang lama dalam menunggu untuk memperoleh giliran pelayanan.
Sehingga pada penelitian ini akan dilakukan analisis untuk mengetahui model antrian serta ukuran kinerja dari sistem antrian. Pengambilan data dilakukan
selama 7 hari pada 12-18 Maret 2017 pada waktu sibuk yaitu pukul 8.00 – 14.00 WIB. Analisis data dilakukan menggunakan Uji Kebaikan Suai Chi Square untuk menentukan model dan menentukan ukuran kinerja sistem antrian mengggunakan metode Teori Antrian. Diperoleh antrian pasien resep non racikan di instalasi
farmasi rawat jalan RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta mengikuti model [G/G/1]:[GD/∞/∞], sehingga digunakan metode Maximum Entropy Principle
sebagai tambahan untuk menghitung ukuran kinerja Pn, dan didapatkan ukuran kinerja sistem antrian masih dalam kondisi steady state atau berlangsung efektif.
Collections
- Statistics [900]