Show simple item record

dc.contributor.advisorKariyam
dc.contributor.authorAsianingrum, Al Hujjah
dc.date.accessioned2017-12-27T11:47:25Z
dc.date.available2017-12-27T11:47:25Z
dc.date.issued2017-04-10
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/4997
dc.description.abstractSalah satu kejadian dalam kehidupan sehari-hari yang sering terjadi adalah menunggu dalam sebuah pelayanan atau disebut antrian. Antrian salah satunya terdapat pada fasilitas penting seperti pelayanan kesehatan, yaitu instalasi farmasi RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Hal ini tidak jarang membuat pasien berada diwaktu yang lama dalam menunggu untuk memperoleh giliran pelayanan. Sehingga pada penelitian ini akan dilakukan analisis untuk mengetahui model antrian serta ukuran kinerja dari sistem antrian. Pengambilan data dilakukan selama 7 hari pada 12-18 Maret 2017 pada waktu sibuk yaitu pukul 8.00 – 14.00 WIB. Analisis data dilakukan menggunakan Uji Kebaikan Suai Chi Square untuk menentukan model dan menentukan ukuran kinerja sistem antrian mengggunakan metode Teori Antrian. Diperoleh antrian pasien resep non racikan di instalasi farmasi rawat jalan RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta mengikuti model [G/G/1]:[GD/∞/∞], sehingga digunakan metode Maximum Entropy Principle sebagai tambahan untuk menghitung ukuran kinerja Pn, dan didapatkan ukuran kinerja sistem antrian masih dalam kondisi steady state atau berlangsung efektif.id
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaid
dc.subjectInstalasi Farmasiid
dc.subjectAntrianid
dc.subjectG/G/1
dc.subjectMaximum Entropy Principleen_US
dc.titleAnalisis Sistem Antrian Pelayanan Pasien Pada Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rs Pku Muhammadiyah Yogyakartaid
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record