Determinant Kesadaran dan Pengaruh Terhadap Konsumsi Fashion Muslim
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi
konsumsi fashion muslim dari segi kesadaran pengguna di Indonesia. Peneliti tertarik
untuk melakukan penelitian ini karena terdapat hasil yang tidak konsisten pada
penelitian sebelumnya terkait konsumsi fashion muslim dari segi kesadaran fashion
muslim di Indonesia.Beberapa faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah sumber
pengetahuan fashion muslim, motivasi fashion muslim, gaya berpakaian, keunikan
fashion muslim, kesadaran fashion dan konsumsi fashion. Penelitian ini menggunakan
analisis regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS 25. Berikut
merupakan langkah analisis dalam penelitian : 1. Analisis Regresi Linear Berganda
Analisis regresi linear adalah teknik analisis yang dapat digunakan untuk
menganalisis hubungan antara dua variabel atau lebih (Ghozali, 2018). Analisis
regresi linear berganda bertujuan untuk memprediksi nilai dependen yang dipilih oleh
peneliti dengan menggunakan variabel independen yang nilainya diketahui Jenis pada
penelitian ini menggunakan data primer. Data primer adalah sumber data yang secara
langsung memberikan data kepada pengumpul data. yang Artinya sumber data
penelitian diperoleh secara langsung dari sumber aslinya yang berupa wawancara,
jajak pendapat dari individu atau kelompok (orang) maupun hasil observasi dari suatu
objek, kejadian atau hasil pengujian (benda). Metode pengumpulan sampel pada
penelitian ini menggunakan pendekatan secara kuantitatif. Daftar pertanyaan
dikumpulkan menggunakan kuesioner melalui google form dan disebarkan kepada
responden melalui media sosial seperti LINE, Whatsapp dan Instagram. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa Kesadaran Fashion Muslim menghasilkan pengaruh
yang positif dan serta signifikan terhadap Konsumsi Fashion, Sumber Pengetahuan
Fashion Muslim menghasilkan pengaruh yang positif dan serta signifikan terhadap
Konsumsi Fashion. Motivasi Fashion Muslim menghasilkan pengaruh yang positif
dan serta signifikan terhadap Konsumsi Fashion, Gaya berpakaian menghasilkan
pengaruh yang positif dan serta signifikan terhadap Konsumsi Fashion, dan keunikan
Fashion Muslim menghasilkan pengaruh yang positif dan serta signifikan terhadap
Konsumsi Fashion.
Collections
- Management [4666]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Fashion Center di Yogyakarta: Sebagai Wadah Kegiatan Informasi (Fashion Workshop), Promosi dan Pemasaran dengan Pendekatan Karakter-karakter Fashion
Hestriati, Amri (UII Yogyakarta, 2006)Semakin berkembangnya teknologi di bidang informasi dan komunikasi sekarang ini, membawa orang untuk dituntut semakin kritis untuk mencari sesuatu yang lain dari pada yang lain atau istilahnya "ngetrend" dalam mengenakan ... -
Fashion Center di Yogjakarta Sebagai Wadah Kegiatan Informasi (Fashion Workshop), Promosi dan Pemasaran dengan Pendekatan Karakter-karakter Fashion
Amri Hestriati, 01512019 (Universitas Islam Indonesia, 2006)Semakin berkembangnya teknologi di bidang informasi dan komunikasi sekarang ini, membawa orang untuk dituntut semakin kritis untuk mencari sesuatu yang lain dari pada yang lain atau istilahnya "ngetrend" dalam mengenakan ... -
ANALISIS MANAJEMEN EVENT JOGJA FASHION FESTIVAL 2016 UNTUK PENGUATAN CITRA PLAZA AMBARRUKMO SEBAGAI TRENDSETTER FASHION DI YOGYAKARTA
Riwangga Wildan Pangestu, 13321104 (Universitas Islam Indonesia, 2018-04-02)Maraknya usaha penciptaan produk fesyen kreatif di Yogyakarta menjadi peluang untuk pegiat industri fesyen seperti desainer, taylor dan fashion event organizer. Termasuk Plaza Ambarrukmo, organisasi ini menangkap kebutuhan ...