dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dan
pengaruh yang terjadi antara kualitas layanan terhadap kepercayaan
elektronik, kepuasan elektronik, dan niat perilaku pelanggan belanja
online dari sudut pandang pelanggan perempuan. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan metode purposive sampling.
Pengumpulan data responden menggunakan kuesioner dengan bantuan
google form yang disebarluaskan di kota Yogyakarta dan beberapa kota
lainnya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 259
responden yang berdomisili di kota Yogyakarta dan beberapa kota lainnya.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan
bantuan aplikasi Statistical Package for the Social Sciences (SPSS),
dengan melakukan uji t, dan uji regresi linier sederhana. Hasil dari
penelitian ini menunjukan bahwa kualitas layanan elektronik berpengaruh
positif dan siginifikan terhadap kepercayaan elektronik, kualitas layanan
elektronik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
pelanggan elektronik, kepercayaan elektronik berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan pelanggan elektronik. Kepuasan pelanggan
elektronik, kepercayaan elektronik, dan kualitas layanan elektronik
masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku.
Hasil dari penelitian ini memberikan kontribusi terhadap perusahaan untuk
memperhatikan dan memperbaiki layanan pada bagian daya tanggap
terhadap permasalahan yang dihadapi konsumen agar memiliki kualitas
yang lebih baik. Hal tersebut karena dengan layanan yang berkualitas akan
berpengaruh terhadap kepercayaan, kepuasan, dan niat perilaku pelanggan
belanja online. | en_US |