Pengaruh Citra Merek, Keakraban Merek, dan Kualitas Merek Terhadap Minat Beli pada Private Label Brand Dengan Harga Sebagai Variabel Intervening
Abstract
Private label brand merupakan barang dagang yang menggunakan nama
merek distributor atau merek yang diciptakan secara eksklusif untuk distributor atau
peritel. Indomaret merupakan salah satu minimarket yang memiliki produk Private
label brand. Produk indomaret ini dikeluarkan pada tahun 2005. Adapun jenis
produk Private label brand indomaret misalkan sikat gigi, tissue, beras, sirup,
snack, sabun, pakaian, dan lainnya. Produk Private label brand menjadi salah satu
strategi bersaing di pasar. Faktanya tidak semua konsumen mengetahui produk
Private label brand indomaret, atau kebanyakan harga yang indomaret tawarkan
tidak sesuai standar para konsumen.
Penelitian ini kuantitatif menggunakan analisis data Smart-PLS dengan
software Smartpls 4.0. sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden dari
masyarakat Pati Jawa Tengah, dengan Teknik pengambilan sampel purposive
sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan jika citra merek, keakraban merek, dan
kualitas merek berpengaruh positif signifikan terhadap harga. Harga berpengaruh
positif signifikan terhadap minat beli produk Private label brand. Selain itu, citra
merek dan keakraban merek berpengaruh terhadap minat beli, dengan harga sebagai
variabel intervening. Namun untuk harga tidak dapat memediasi kualitas merek
terhadap minat beli produk Private label brand indomaret.
Collections
- Management [4703]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Analisis Pengaruh Keakraban Merek, Merek Kesukaan, Merek Kepercayaan dan Negara Asal Merek Terhadap Minat Beli Pelanggan Sepatu Merek Nike (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UII)
Indriani, Riza Amalia (UII Yogyakarta, 2015-08-20)Di era global ini semakin tinggi tingkat persaingan bisnis. Hal ini memaksa perusahaan untuk bisa lebih mengembangkan dan memasarkan produk mereka agar mampu mempertahankan produknya serta memenangkan persaingan. Diikuti ... -
PENGARUH ASOSIASI MEREK, LOYALITAS MEREK, KESADARAN MEREK, DAN CITRA MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK PADA PRIVATE LABEL FASHION DARING
Yudistira Dimas Adiputra, 14311216 (Universitas Islam Indonesia, 2018-08-10)Ekuitas merek merupakan aspek penting yang ada dalam pemasaran. Terdapat beberapa indikator yang dapat berpengaruh terhada ekuitas merek yaitu asosiasi merek, loyalitas merek, kesadaran merek, dan citra merek. Tujuan dari ... -
Pengaruh Asosiasi Merek, Kesetiaan Merek, Kesadaran Merek, Dan Citra Merek Terhadap Ekuitas Merek Mie Instan Indomie Pada Mahasiswa Strata 1 Yang Merantau Di Yogyakarta
DENI SAPUTRA (Universitas Islam Indonesia, 2021-04-21)Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dimensi Ekuitas Merek yang mempengaruhi Ekuitas Merek mie instan Indomie pada mahasiswa strata 1 yang merantau di Yogyakarta. Signal detection theory dapat mendeteksi ...