dc.description.abstract | Inovasi model bisnis adalah cara perusahaan menciptakan dan menangkap nilai
bagi pelanggan mereka dan untuk diri mereka sendiri, salah satunya yaitu transformasi
digital. Transformasi digital dapat didefinisikan sebagai proses yang digunakan untuk
merestrukturisasi ekonomi, institusi, dan masyarakat pada suatu tingkat dalam sistem
teknologi informasi. Misalnya, media sosial mengubah cara perusahaan berinteraksi
dengan pelanggan, memberikan layanan mereka, dan mengintegrasikan sistem
teknologi mereka. Penelitian ini dengan tujuan mengenai apakah UKM yang menjalani
transformasi digital berkinerja lebih baik jika mereka mengalokasikan lebih banyak
sumber daya untuk eksperimen model bisnis dan lebih terlibat dalam implementasi
strategi.
Pengujian model dan hipotesis dilakukan dengan menggunakan sampel 110
responden dengan kriteria pelaku UKM di Yogyakarta. Adapula Teknik pengambilan
sampel dengan metode random sampling, yaitu mengambil sampel secara acak dari
populasi yang telah ditentukan. Analisi dalam penelitian ini menggunakan structural
equation modelling (SEM) dan analisis ini menggunakan alat bantu Partial Least
Squares (PLS) dengan menggunakan software SmartPLS v.3. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa variabel sumber daya model bisnis dan strategi model bisnis
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan model bisnis, sumber daya
model bisnis dan strategi model bisnis berpengaruh positif dan signifikan terhadap
inovasi, inovasi dan kebijakan model bisnis berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kinerja pada UKM di Yogyakarta. | en_US |