PENERAPAN INOVASI BISNIS MODEL PADA MEDIA DIGITAL BERDASARKAN PENDEKATAN BISNIS MODEL KANVAS ( STUDI KASUS PADA IDN MEDIA)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah konsep bisnis model kanvas diterapkan di IDN Media dan blok-blok apa saja yang dipergunakan, mengidentifikasi pola bisnis model, menganalisa inovasi bisnis model serta menggali inovasi apa saja yang dikembangkan oleh IDN Media. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Objek penelitian adalah IDN Media, sebuah perusahaan media digital yang saat ini mengoperasikan 8 vertikal bisnis online maupun offline.
Hasil penelitian menunjukkan IDN Media menggunakan semua blok dalam bisnis model kanvas, karena dianggap relevan dalam menjalankan bisnis modelnya. IDN Media juga menggunakan lebih dari satu pola bisnis, yaitu Free Model, Open Business Model, Marketplace Model dan Multi Sided Model. Inovasi juga dilakukan, terutama pada Blok Value Proposition, Channels dan Customer Relationship.
The purpose of this research is to understand wether business model canvasing is being use in IDN Media and which blocks are applied, identify the pattern of business model, analyze the innovation of business model, and to explore IDN Media’s innovation. The research approaches the case study with qualitative descriptive method. While IDN Media is digital media company who run 8 online and offline business vertical.
This research shows that IDN Media uses every blocks in business model canvasing since they are relevant to the business model. IDN Medai also uses more than one business pattern: Free Model, Open Business Model, Marketplace Model and Multi Sided Model. Innovation is a must, especially in Block Value Proposition, Channels and Customer Relationship.
Collections
- Master of Management [406]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Perbandingan Kinerja Reksadana Saham, Reksadana Pendapatan Tetap, dan Reksadana Campuran dengan Menggunakan Jenshen‘s Model, Sharpe‘s Model, Treynor‘s Model dan Treynor‘s dan Black‘s Model
Bazfa Azzah Zhorifah, 15311011 (Universitas Islam Indonesia, 2019-02-14)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kinerja antara reksadana saham, reksadana pendapatan tetap, dan reksadana campuran tahun 2015-2017 dengan menggunakan Jenshen‘s model, Sharpe‘s model, ... -
ANALISIS REGRESI DATA PANEL DENGAN PENDEKATAN COMMON EFFECT MODEL (CEM), FIXED EFFECT MODEL (FEM) DAN RANDOM EFFECT MODEL (REM) (Studi Kasus: IPM Kalimantan Selatan Periode 2010-2016)
Noor Asyiah, 14611048 (Universitas Islam Indonesia, 2018-04-07)Analisis regresi data panel merupakan penggabungan antara data cross section dan time series. Penggunaan data panel dapat menjelaskan dua macam informasi yakni informasi antar unit dan antar waktu. Analisis regresi data ... -
ANALISIS PENGARUH JUMLAH PENUMPANG TERHADAP JUMLAH BAGASI TAHUN 2015 DAN 2016 DENGAN MENGGUNAKAN REGRESI DATA PANEL MELALUI PENDEKATAN COMMON EFFECT MODEL, FIXED EFFECT MODEL, DAN RANDOM EFFECT MODEL (Studi Kasus: Seluruh Bandar Udara di PT. Angkasa Pura I)
Irsyad Muhammad Firdaus, 14611146 (Universitas Islam Indonesia, 2018-05-21)Melihat perkembangan pada saat ini, setiap maskapai penerbangan berusaha untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang atau pengguna jasa. Dengan angka mencapai 13.000 bagasi setiap harinya, penanganan bagasi merupakan ...