Peranan Faktor Halal terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Kuliner Fast Food di Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh
langsung antar variabel Halal Awareness, Norma Subjektif dan Halal
Marketing WOM terhadap Minat Beli (2) untuk mengetahui pengaruh
tidak langsung dari Halal Certification dan Halal Marketing WOM
terhadap Minat Beli. Model penelitian ini menggunakan dasar dari
Theory of Planned Behavior, Ajzen (1991). Adapun variabel yang diukur
adalah Halal Awareness, Halal Certification dan Halal Marketing WOM
dan variabel intervening Norma Subjektif terhadap Minat Beli konsumen.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah
responden sebanyak 139 mahasiswa di Yogyakarta sebagai konsumen
muslim kuliner fast food KFC. Alat analisis yang dipakai adalah dengan
Structural Equation Model (SEM) untuk mengukur keseluruhan model
dengan menggunakan IBM AMOS 24. Hasil dari penelitian ini didapat
bahwa pengaruh Norma Subjektif sebagai variabel intervening memiliki
pengaruh signifikan terhadap Minat Beli. Sedangkan pengaruh secara
langsung dari Halal Awareness dan Halal Marketing WOM terhadap
minat beli terbukti tidak signifikan. Saran untuk penelitian selanjutnya
adalah untuk meneliti satu variabel secara spesifik dengan jumlah sampel
yang lebih besar dan jenis produk yang spesifik.
Collections
- Management [4527]