Strategi Kampanye Humas Dinas Kesehatan Kota Jambi dalam Mensosialisasikan Program Imunisasi pada Anak
Abstract
Kesehatan merupakan salah satu indikator kesejahteraan bagi suatu bangsa
disamping indikator ekonomi dan indikator pendidik. Dalam hal ini Dinas
kesehatan mempunyai wewenang untuk menangani masalah kesehatan. Imunisasi
merupakan upaya memasukan anti bodi untuk meningkatkan kekebalan tubuh
anak supaya anak terlindung dari berbagai penyakit yang berbahaya. Program
imunisasi anak ini adalah salah satu contoh bentuk kepedulian pemerintah dalam
menangani kesehatan. Keberhasilan program imunisasi ini harus dipertahankan
dengan cakupan tinggi dan merata di seluruh wilayah. Humas pemerintah dituntut
untuk lebih profesional dalam menyampaikan pesan kepada publik, tujuan ini
untuk menjaga kepercayaan dan citra. Dalam mempublikasikan dan
mempromosikan kebijakan-kebijakan program imunisasi. Rumusan masalah
penelitian ini adalah “Bagaimana Strategi Kampanye Humas Dinas Kesehatan
Kota Jambi Dalam Mensosialisasikan Program Imunisasi Anak serta Bagaimana
Peluang Dan Hambatan Yang Dihadapi Dinas Kesehatan Kota Jambi Dalam
Program Imunisasi Anak”.
Penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif
dengan menggunakan pendekatan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan
paradigma konstruktivisme. Tekhnik pengumpulan data pada penelitian ini adalah
observasi, wawancara dan dokumentasi/studi pustaka. Analisis data menggunakan
analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan/verifikasi. Narasumber data pada penelitian ini adalah pada Bidang
Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK), Seksi Pengendalian Wabah Dan
Bencana Di Dinas Kesehatan Kota Jambi, Pemegang Program Imunisasi Dan
Koordinator Imunisasi Di Puskesmas.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Dinas Kota Jambi tidak
memiliki Bagian Humas. Strategi kampanye imunisasi di Dinas Kesehatan Kota
Jambi dikelola oleh kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK) dan
Kepala Seksi Pengendalian Wabah dan Bencana. Kampanye imunisasi yang telah
dilakukan di Dinas Kesehatan Kota Jambi juga telah memenuhi unsur-unsur
Intended Effect, Communication Objective, Target Population dan The Receiving
Group. Analisis situasi dan kondisi di Kota Jambi yang semakin berkembangnya
jumlah mitra kerja, berkembangnya jumlah LSM peduli kesehatan, pertumbuhan
sarana pelayanan imunisasi dan meningkatnya akvititas Perguruan Tinggi Kesehatan merupakan peluang yang dapat dimanfaatkan mengatasi weakness atau
hambatan seperti, kondisi penduduk semakin kompleks, target seluruh kelurahan
harus mencapai UCI dan tuntutan iptek bidang kesehatan.
Collections
- Communication [943]