Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan E-Wallet
Abstract
E-wallet merupakan implementasi perangkat lunak yang digunakan untuk
menyimpan uang secara digital, melakukan pembayaran secara digital, dan jua
melakukan berbagai transaksi tanpa menggunakan uang tunai. Perkembangan ewallet
saat
ini
sangat
pesat,
terlebih
karena
adanya
COVID-19
yang
mengharuskan
kitauntuk
melakukan pembatasan interaksi dengan banyak orang. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi minat menggunakan ewallet
untuk
melakukan
transaksi
pembayaran
digital
dengan
menggunakan
teori
TAM.
Variabel
yang
digunakan
dalam
penelitian
ini
adalah
behavioral
intention,
perceived
ease of use, perceived usefulness, perceived self-efficacy, perceived
financial cost, dan perceived risk. Penelitian ini dianalisis menggunakan Structural
Equation Modeling (SEM). Sampel dari penelitian ini diambil menggunakan
metode purposive sampling dan convenience sampling dengan kriteria sampel yaitu
mahasiswa program sarjana yang ada di Yogyakarta yang menggunakan e-wallet
sebagai transaksi. Dari kriteria tersebut diperoleh sampel sebanyak 153 orang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif.
Collections
- Akuntansi [4426]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Usaha Mikro Dalam Menggunakan E-Wallet
LAILA MAYA RISKA (Universitas Islam Indonesia, 2022-01-07)Dompet digital atau e-wallet merupakan salah satu implementasi dari perangkat lunak yang digunakan pengguna untuk menyimpan uang secara digital, melakukan pembayaran secara digital, dan melakukan berbagai jenis ... -
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENGGUNAAN MOBILE BANKING (M-BANKING) DI MASA PANDEMI Covid-19
Novarianti, Erika (Universitas Islam Indonesia, 2023-03-30)This study aims to determine and analyze the effect of perceived ease of use, perceived usefulness, perceived trustworthiness, perceived usefulness and perceived credibility on the use of mobile banking (M-Banking) ... -
PENGARUH PERCEIVED REPUTATION, PERCEIVED STRUCTURAL ASSURANCE, PERCEIVED INFORMATION QUALITY, PERCEIVED RISK, DAN TRUST TERHADAP NIAT MENGGUNAKAN PLATFORM PEER TO PEER LENDING SYARIAH
Indrajaya, Swastyasta Nur (Universitas Islam Indonesia, 2023-04-04)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived reputation, perceived structural assurance, perceived information quality, perceived risk , dan trust terhadap niat menggunakan platform peer to peer lending ...