Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Usaha Mikro Dalam Menggunakan E-Wallet
Abstract
Dompet digital atau e-wallet merupakan salah satu implementasi dari
perangkat lunak yang digunakan pengguna untuk menyimpan uang secara digital,
melakukan pembayaran secara digital, dan melakukan berbagai jenis transaksi
tanpa menggunakan uang tunai. Perkembangan e-wallet saat ini cukup pesat,
terlebih saat pandemi COVID-19 yang mengharuskan pembatasan interaksi
dengan banyak orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor
yang dapat mempengaruhi niat menggunakan e-wallet untuk melakukan transaksi
pembayaran digital dengan acuan Technology Acceptance Model (TAM). TAM
merupakan salah satu model yang dibuat untuk menganalisis dan memahami
faktor-faktor yang mempengaruhi diterimanya penggunaan suatu teknologi
komputer. Penelitian ini mengintegrasikan faktor yang ada dalam TAM yaitu
behavioral intention, perceived ease of use, perceived usefulness, perceived selfefficacy,
perceived
financial
cost,
dan
perceived
risk.
Penelitian
ini
menggunakan
Structural
Equation
Modeling
(SEM)
untuk
menganalisis
hubungan
antar
variabel
secara
lebih kompleks. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan
metode purposive sampling dan convenience sampling dengan kriteria sampel
usaha mikro di Indonesia yang menggunakan e-wallet sebagai transaksi.
Berdasarkan kriteria tersebut diperoleh sampel sebanyak 152 orang. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
perceived ease of use, perceived usefulness dan perceived risk berpengaruh positif
terhadap behavioral intention. Kemudian perceived self-efficacy berpengaruh
positif terhadap perceived usefulness dan perceived ease of use namun tidak
mempunyai pengaruh terhadap behavioral intention. Perceived financial cost juga
tidak mempunya pengaruh terhadap behavioral intention. Perceived ease of use
berpengaruh positif terhadap perceived usefulness.
Collections
- Akuntansi [4399]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan E-Wallet
FAIRUS SAIFUL JIHAD (Universitas Islam Indonesia, 2022-08-09)E-wallet merupakan implementasi perangkat lunak yang digunakan untuk menyimpan uang secara digital, melakukan pembayaran secara digital, dan jua melakukan berbagai transaksi tanpa menggunakan uang tunai. Perkembangan ... -
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENGGUNAAN MOBILE BANKING (M-BANKING) DI MASA PANDEMI Covid-19
Novarianti, Erika (Universitas Islam Indonesia, 2023-03-30)This study aims to determine and analyze the effect of perceived ease of use, perceived usefulness, perceived trustworthiness, perceived usefulness and perceived credibility on the use of mobile banking (M-Banking) ... -
PENGARUH PERCEIVED REPUTATION, PERCEIVED STRUCTURAL ASSURANCE, PERCEIVED INFORMATION QUALITY, PERCEIVED RISK, DAN TRUST TERHADAP NIAT MENGGUNAKAN PLATFORM PEER TO PEER LENDING SYARIAH
Indrajaya, Swastyasta Nur (Universitas Islam Indonesia, 2023-04-04)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived reputation, perceived structural assurance, perceived information quality, perceived risk , dan trust terhadap niat menggunakan platform peer to peer lending ...