Pengaruh Kesadaran Merek, Kualitas Yang Dirasakan, Kepribadian Merek Terhadap Loyalitas Dan Preferensi Merek Untuk Meningkatkan Niat Pembelian Ulang Ponsel Pintar Di Kalangan Mahasiswa
Abstract
Ponsel pintar merupakan salah satu alat komunikasi modern masa kini yang telah
menjadi bagian tak terpisahkan sebagai penghubung dari interaksi manusia saat ini.
Ponsel pintar oleh mahasiswa dianggap sebagai alat untuk mendorong interaksi,
multitasking, dan pembelajaran, selain itu, mahasiswa secara teratur menggunakan
ponsel pintar sebagai alat bantu untuk e-learning dan pendidikan berbasis web,
dimana keuntungan memiliki ponsel pintar dapat mencakup peningkatan
produktivitas, pencarian informasi, informasi dan interaksi sosial, relaksasi, dan
hiburan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti niat pembelian ulang mahasiswa
pada merek ponsel pintar yang mereka gunakan. Adapun penelitian ini dilakukan
terhadap 132 responden yang merupakan mahasiswa pengguna ponsel pintar sehari-
hari dan setidaknya pernah mengganti ponsel pintarnya lebih dari sekali. Penelitian
ini menggunakan data primer dan teknik convenience sampling dalam pengambilan
sampel. Uji analisis dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation
Model berbasis Partial Least Square dan olah data menggunakan program Smart
PLS. Hasil uji analisis data berhasil menunjukkan bahwa kelima hipotesis
signifikan. (1) Kesadaran merek berpengaruh positif terhadap loyalitas merek, (2)
Kualitas yang dirasakan berpengaruh positif terhadap loyalitas merek, (3) Loyalitas
merek berpengaruh positif terhadap niat pembelian ulang, (4) Kepribadian Merek
berpengaruh positif terhadap preferensi merek, (5) Preferensi Merek berpengaruh
positif terhadap niat pembelian ulang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat
membantu pemasar dalam mengembangkan produk mereka berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi niat pembelian ulang merek ponsel pintar pada kalangan
mahasiswa.
Collections
- Management [4550]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Analisis Pengaruh Keakraban Merek, Merek Kesukaan, Merek Kepercayaan dan Negara Asal Merek Terhadap Minat Beli Pelanggan Sepatu Merek Nike (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UII)
Indriani, Riza Amalia (UII Yogyakarta, 2015-08-20)Di era global ini semakin tinggi tingkat persaingan bisnis. Hal ini memaksa perusahaan untuk bisa lebih mengembangkan dan memasarkan produk mereka agar mampu mempertahankan produknya serta memenangkan persaingan. Diikuti ... -
PENGARUH ASOSIASI MEREK, LOYALITAS MEREK, KESADARAN MEREK, DAN CITRA MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK PADA PRIVATE LABEL FASHION DARING
Yudistira Dimas Adiputra, 14311216 (Universitas Islam Indonesia, 2018-08-10)Ekuitas merek merupakan aspek penting yang ada dalam pemasaran. Terdapat beberapa indikator yang dapat berpengaruh terhada ekuitas merek yaitu asosiasi merek, loyalitas merek, kesadaran merek, dan citra merek. Tujuan dari ... -
Pengaruh Asosiasi Merek, Kesetiaan Merek, Kesadaran Merek, Dan Citra Merek Terhadap Ekuitas Merek Mie Instan Indomie Pada Mahasiswa Strata 1 Yang Merantau Di Yogyakarta
DENI SAPUTRA (Universitas Islam Indonesia, 2021-04-21)Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dimensi Ekuitas Merek yang mempengaruhi Ekuitas Merek mie instan Indomie pada mahasiswa strata 1 yang merantau di Yogyakarta. Signal detection theory dapat mendeteksi ...