Analisis Faktor Stimulus Ulasan Online Terhadap Kepercayaan Konsumen Dan Kredibilitas Ulasan Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli
Abstract
Pandemi Covid-19 yang masih belum pulih menyebabkan perilaku konsumen
dalam berbelanja pun berubah seiring dengan berjalannya waktu. Hal tersebut
terlihat dengan adanya konsumen yang memilih berbelanja secara online melalui ecommerce
yang tersedia karena adanya himbauan dari pemerintah untuk
mengurangi kegiatan diluar rumah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan
menjelaskan pengaruh terkait persepsi kualitas informasi ulasan online, kehadiran
sosial, dan kuantitas ulasan online yang berperan sebagai stimulus terhadap
kepercayaan konsumen dan kredibilitas ulasan online serta pengaruhnya terhadap
minat beli konsumen. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa/i Indonesia yang
sudah pernah menggunakan dan melakukan belanja online melalui Shopee. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan metode convenience
sampling yang menghasilkan sebanyak 240 responden. Lebih lanjut, penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah data primer dan dikumpulkan melalui kuesioner. Metode analisis data
penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis faktor yang diolah
menggunakan software SPSS, dan analisis SEM diolah menggunakan aplikasi
software SmartPLS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kualitas informasi ulasan online
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen, sedangkan
untuk kehadiran sosial tidak memiliki pengaruh terhadap kepercayaan konsumen.
Selanjutnya, kuantitas ulasan online memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap kredibilitas ulasan online. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa
kredibilitas ulasan online berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli
konsumen. Sedangkan, kepercayaan konsumen tidak memiliki pengaruh terhadap
minat beli konsumen.
Collections
- Management [4539]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Implementasi Support Vector Machine Dan Naïve Bayes Classifier Pada Data Ulasan Aplikasi Kesehatan Indonesia ( Studi Kasus : Ulasan Alodokter Dan Halodoc Tahun 2021 Pada Google Play
UMNIYYATUL ULA (UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2022-07-06)Keberadaan internet mempengaruhi pola kehidupan masyarakat , tak terkecuali dalam bidang kesehatan . Semenjak munculnya COVID - 19 , sebagian masyarakat lebih memperhatikan kesehatannya dan beberapa juga khawatir jika ... -
Penerapan Metode Analisis Sentimen Dan Association Rules Pada Ulasan Aplikasi Tokopedia (Studi Kasus : Ulasan Tentang Aplikasi Tokopedia Pada Google Play)
ROSIANA RAHMA DEWI (UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2022-09-19)Perubahan perilaku konsumen yang terjadi saat pandemi covid-19 yaitu dengan maraknya belanja online. Tokopedia merupakan salah satu e-commerce yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia karena menawarkan berbagai ... -
IMPLEMENTASI SVM DAN ASOSIASI UNTUK SENTIMENT ANALYSIS DATA ULASAN THE PHOENIX HOTEL YOGYAKARTA PADA SITUS TRIPADVISOR
Siti Rahmi Kurniasari, 14611227 (Universitas Islam Indonesia, 2018-03-23)Web scraping digunakan untuk mendapatkan data secara online pada halaman website yaitu mengumpulkan data ulasan pengunjung The Phoenix Hotel Yogyakarta - MGallery Collection yang bersumber dari situs TripAdvisor. Proses ...