Show simple item record

dc.contributor.advisorArif Hartono S. E., M. Ec., Ph. D.
dc.contributor.authorNANDIRA MAHARANI
dc.date.accessioned2022-09-14T07:53:42Z
dc.date.available2022-09-14T07:53:42Z
dc.date.issued2022-04-25
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/39228
dc.description.abstractPandemi Covid-19 yang masih belum pulih menyebabkan perilaku konsumen dalam berbelanja pun berubah seiring dengan berjalannya waktu. Hal tersebut terlihat dengan adanya konsumen yang memilih berbelanja secara online melalui ecommerce yang tersedia karena adanya himbauan dari pemerintah untuk mengurangi kegiatan diluar rumah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan pengaruh terkait persepsi kualitas informasi ulasan online, kehadiran sosial, dan kuantitas ulasan online yang berperan sebagai stimulus terhadap kepercayaan konsumen dan kredibilitas ulasan online serta pengaruhnya terhadap minat beli konsumen. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa/i Indonesia yang sudah pernah menggunakan dan melakukan belanja online melalui Shopee. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan metode convenience sampling yang menghasilkan sebanyak 240 responden. Lebih lanjut, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan dikumpulkan melalui kuesioner. Metode analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis faktor yang diolah menggunakan software SPSS, dan analisis SEM diolah menggunakan aplikasi software SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kualitas informasi ulasan online berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen, sedangkan untuk kehadiran sosial tidak memiliki pengaruh terhadap kepercayaan konsumen. Selanjutnya, kuantitas ulasan online memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kredibilitas ulasan online. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kredibilitas ulasan online berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Sedangkan, kepercayaan konsumen tidak memiliki pengaruh terhadap minat beli konsumen.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPersepsi Kualitas Informasi Ulasan Online Kehadiran Sosial,en_US
dc.subjectKepercayaan Konsumenen_US
dc.subjectKuantitas Ulasan Onlineen_US
dc.subjectKredibilitas Ulasan Online Minat Belien_US
dc.titleAnalisis Faktor Stimulus Ulasan Online Terhadap Kepercayaan Konsumen Dan Kredibilitas Ulasan Serta Dampaknya Terhadap Minat Belien_US
dc.Identifier.NIM18311073


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record