dc.contributor.advisor | Arif Hartono S. E., M. Ec., Ph. D. | |
dc.contributor.author | NANDIRA MAHARANI | |
dc.date.accessioned | 2022-09-14T07:53:42Z | |
dc.date.available | 2022-09-14T07:53:42Z | |
dc.date.issued | 2022-04-25 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/39228 | |
dc.description.abstract | Pandemi Covid-19 yang masih belum pulih menyebabkan perilaku konsumen
dalam berbelanja pun berubah seiring dengan berjalannya waktu. Hal tersebut
terlihat dengan adanya konsumen yang memilih berbelanja secara online melalui ecommerce
yang tersedia karena adanya himbauan dari pemerintah untuk
mengurangi kegiatan diluar rumah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan
menjelaskan pengaruh terkait persepsi kualitas informasi ulasan online, kehadiran
sosial, dan kuantitas ulasan online yang berperan sebagai stimulus terhadap
kepercayaan konsumen dan kredibilitas ulasan online serta pengaruhnya terhadap
minat beli konsumen. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa/i Indonesia yang
sudah pernah menggunakan dan melakukan belanja online melalui Shopee. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan metode convenience
sampling yang menghasilkan sebanyak 240 responden. Lebih lanjut, penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah data primer dan dikumpulkan melalui kuesioner. Metode analisis data
penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis faktor yang diolah
menggunakan software SPSS, dan analisis SEM diolah menggunakan aplikasi
software SmartPLS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kualitas informasi ulasan online
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen, sedangkan
untuk kehadiran sosial tidak memiliki pengaruh terhadap kepercayaan konsumen.
Selanjutnya, kuantitas ulasan online memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap kredibilitas ulasan online. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa
kredibilitas ulasan online berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli
konsumen. Sedangkan, kepercayaan konsumen tidak memiliki pengaruh terhadap
minat beli konsumen. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Persepsi Kualitas Informasi Ulasan Online Kehadiran Sosial, | en_US |
dc.subject | Kepercayaan Konsumen | en_US |
dc.subject | Kuantitas Ulasan Online | en_US |
dc.subject | Kredibilitas Ulasan Online Minat Beli | en_US |
dc.title | Analisis Faktor Stimulus Ulasan Online Terhadap Kepercayaan Konsumen Dan Kredibilitas Ulasan Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli | en_US |
dc.Identifier.NIM | 18311073 | |