Pengaruh Ulasan Pelanggan, Kredibilitas Influencer, Ulasan Influencer terhadap Niat Beli dengan Peran Moderasi Kepercayaan
Abstract
Transaksi jual beli online berkembang pesat, berkat adanya dukungan teknologi
internet. Di era digital ini, transaksi jual beli secara online sedang menjadi tren
global Perkembangan pembelian secara online menunjukkan peningkatan yang
sangat signifikan khususnya di masyarakat Indonesia. E-commerce Shopee
merupakan e-commerce yang paling banyak dikunjungi. Faktor yang menjadi
kunci dalam transaksi pembelian dan penjualan online adalah faktor promosi dan
juga hadirnya duta merek. Menganalisis ulasan pelanggan adalah salah satu
pendekatan sederhana untuk mempelajari tentang branding produk online.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh ulasan pelanggan,
kredibilitas influencer dan ulasan influencer terhadap niat beli dengan peran
moderasi kepercayaan. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan teknik purposive sampling yang menghasilkan 230 responden.
Hasil analisis PLS-SEM menunjukkan bahwa kredibilitas influencer, ulasan
influencer dan kepercayaan berpengaruh positif terhadap niat beli. Di sisi lain,
ulasan pelanggan gagal memberikan pengaruhnya. Kepercayaan sebagai variabel
moderasi juga tidak divalidasi dalam penelitian ini. Kesimpulan yang dapat
diambil dalam penelitian ini yaitu kredibilitas influencer, ulasan influencer dan
kepercayaan berpengaruh terhadap peningkatan niat membeli pelanggan untuk
brand Saff & Co melalui pembelian online menggunakan e-commerce shopee.
Collections
- Management [4703]