Show simple item record

dc.contributor.advisorMuamar Nur Kholid, S.E., M.Ak., Akt.
dc.contributor.authorLAILA MAYA RISKA
dc.date.accessioned2022-06-24T03:14:55Z
dc.date.available2022-06-24T03:14:55Z
dc.date.issued2022-01-07
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/37890
dc.description.abstractDompet digital atau e-wallet merupakan salah satu implementasi dari perangkat lunak yang digunakan pengguna untuk menyimpan uang secara digital, melakukan pembayaran secara digital, dan melakukan berbagai jenis transaksi tanpa menggunakan uang tunai. Perkembangan e-wallet saat ini cukup pesat, terlebih saat pandemi COVID-19 yang mengharuskan pembatasan interaksi dengan banyak orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi niat menggunakan e-wallet untuk melakukan transaksi pembayaran digital dengan acuan Technology Acceptance Model (TAM). TAM merupakan salah satu model yang dibuat untuk menganalisis dan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi diterimanya penggunaan suatu teknologi komputer. Penelitian ini mengintegrasikan faktor yang ada dalam TAM yaitu behavioral intention, perceived ease of use, perceived usefulness, perceived selfefficacy, perceived financial cost, dan perceived risk. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) untuk menganalisis hubungan antar variabel secara lebih kompleks. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan convenience sampling dengan kriteria sampel usaha mikro di Indonesia yang menggunakan e-wallet sebagai transaksi. Berdasarkan kriteria tersebut diperoleh sampel sebanyak 152 orang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perceived ease of use, perceived usefulness dan perceived risk berpengaruh positif terhadap behavioral intention. Kemudian perceived self-efficacy berpengaruh positif terhadap perceived usefulness dan perceived ease of use namun tidak mempunyai pengaruh terhadap behavioral intention. Perceived financial cost juga tidak mempunya pengaruh terhadap behavioral intention. Perceived ease of use berpengaruh positif terhadap perceived usefulness.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectE-walleten_US
dc.subjectTechnology Acceptance Modelen_US
dc.subjectbehavioral intentionen_US
dc.subjectperceived ease of useen_US
dc.subjectperceived usefulnessen_US
dc.subjectperceived self-efficacyen_US
dc.subjectperceived financial costen_US
dc.subjectperceived risken_US
dc.titleFaktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Usaha Mikro Dalam Menggunakan E-Walleten_US
dc.Identifier.NIM18312073


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record