Pengaruh Selebritis Iklan terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus terhadap Produk Shampo "Sunsilk-Clean&Freash" di Kec. Depok, Sleman, Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel independen
(dalam hal ini terdiri dari daya tank selebritis, keahlian selebritis, kepercayaan
terhadap selebritis dan kepercayaan terhadap iklan) terhadap variabel dependen
(minat beli konsumen). Penelitian ini memfokuskan pada pengaruh selebritis iklan
yang dalam hal ini, mengguanakan Inneke Koesherawaty pada iklan produk shampo
"Sunsilk-Clean & fresh". Uji pengaruh tersebut dilakukan dengan menngunakan
analisis regresi linier berganda.
Penelitian ini mengambil 100 orang responden yang terdiri dari para wanita
berjilbab minimal berusia 17 tahun yang berdomisili di Kec. Depok, Sleman,
Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan
teknik non probability sampling tipe purposive sampling.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel independent (dalam hal ini
terdiri atas daya tarik selebriti, keahlian selebriti, kepercayaan terhadap selebriti dan
kepercayaan terhadap iklan) secara bersama-sama maupun secara parsial berpengaruh
terhadap variabel dependen (minat beli konsumen). Hal ini ditunjukkan dengan nilai
sig < a (0,05). Selain itu nilai koefisien determinasi \R2) menunjukkan 0,787 hal ini
berarti 78,8% variabel minat beli konsumen dipengaruhi oleh daya tarik selebriti,
keahlian selebriti, kepercayaan terhadap selebriti dan kepercayaan terhadap iklan.
Kata Kunci : daya tarik selebriti, keahlian selebriti, kepercayaan terhadap
selebriti, kepercayaan terhadap iklan dan minat beli konsumen.
Collections
- Management [4548]