Islamic Economics: Recent submissions
Now showing items 81-100 of 855
-
Mekanisme Pemasaran Bisnis Sambal Kampus; Produk Olahan Sambal Kemasan Praktis Dan Tahan Lama Dengan Berbagai Varian Isian
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Saat ini, tingkat persaingan di dalam dunia tingkat usaha makanan semakin ketat. Semakin maju perkembangan jaman dan perubahan pola hidup manusia menyebabkan kebutuhan manusia juga berubah, terutama dalam kebutuhan ... -
Strategi Pengelolaan Pasar Tradisioadil Tradisional dalam Menghadapi Pasar Modern Ditinjau dari Perspektif Etika Bisnis Islam
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Masalah penelitian ini adalah pesatnya persaingan antar pedagang pada pasar tradisional dan pasar modern dapat memberikan tantangan tersendiri bagi para pedagang untuk memenangkan persaingan yang semakin kompetitif ... -
Metode Pengelolaan Food Wastage Sebagai Solusi Zero Food Waste Pada Hotel Syariah
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Food waste sendiri telah lama dikenal sebagai isu global yang minim penanganan dengan dampak yang serius. Dimana akibat dari sampah makanan itu sendiri adalah ketimpangan dan ketidakseimbangan tingkat produksi dan konsumsi. ... -
Analisis Strategi Unit Usaha Syariah PT Bank BPD DIY dalam Menghadapi Spin-off 2023
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Perbankan syariah merupakan sistem perbankan yang menjalankan kegiatannya sesuai dengan ketentuan-ketentuan syariah. Menurut Undang-Undang No. 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah setiap Bank Umum Konvensional (BUK) yang ... -
Manajemen Pengelolaan Social Enterprise di Program Dompet Dhuafa Farm Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Sebagai Lembaga amil zakat yang bertujuan untuk membaskan masyarakat dari belenggu kemsikinan, Dompet Dhuafa mengembangkan program dengan pendekatan social enterprise, yaitu program Dompet Dhuafa Farm (DD Farm). Untuk ... -
Pengaruh Citra Merek, Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan dan Halal Awareness terhadap Kepuasan Konsumen dalam menggunakan Layanan Pesan-antar Makanan Foodpanda di Provinsi Pattani Thailand
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Citra Merek, Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Halal Awareness terhadap Kepuasan Konsumen dalam Menggunakan Layanan Pesan-Antar Makanan Foodpanda di Provinsi Pattani ... -
Pengaruh Kesadaran Konsumen, Kepercayaan dan Jaminan atas Ketidakpastian terhadap Adopsi Digital Banking Syariah (Studi Kasus Nasabah Digital Banking Bank Syariah Indonesia)
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Pada era digital ini perkembangan teknologi informasi semakin pesat salah satunya dalam dunia perbankan. Perilaku nasabah banyak yang berubah dalam melakukan transaksi perbankan. Layanan digital banking merupakan pelayanan ... -
MOWE: Pengembangan Produk Wedangan Tradisional Menjadi Minuman Kekinian (Mocktail)
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Bisnis minuman kini mempunyai peluang pasar yang terbuka lebar karena minuman merupakan bagian dari kebutuhan yang harus terpenuhi untuk melepas dahaga agar terhindar dari dehidrasi. Selepas masa pandemi banyak masyarakat ... -
Analisis Kewirausahaan Sosial Difabel Difa Bike – City Tour And Transport Yogyakarta Ditinjau dari Perspektif Islamic Social Entrepreneurship
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Kewirausahaan sosial menjadi fenomena menarik karena berbeda dengan wirausaha pada biasanya yang hanya berfokus pada keuntungan dan kepuasan pelanggan, karena kewirausahaan sosial dapat mengatasi permasalahan sosial yang ... -
Implementasi Sustainable Marketing Enterprise (SME) dalam Persaingan Industri Produk Herbal Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada CV. Agradaya Indonesia)
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi implementasi Sustainable Marketing Enterprise (SME) di CV. Agradaya Indonesia dalam menghadapi pertumbuhan persaingan pada industri produk herbal yang kian dinamis ... -
Kesesuaian Implementasi Hybrid Contract Pada Produk KPR IB Di Bank Mumalat Yogyakarta dengan Fatwa DSN MUI No 31/DSN MUI/VI/2002 Tentang Pengalihan Utang
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Akad Hybrid Contract merupakan salah satu alternatif yang digunakan oleh bank syariah dalam upaya menyediakan produk layanan pembiayaan take over. Multi akad ini digunakan karena akad tunggal sudah tidak memungkinkan ... -
Efektivitas Penyusunan Laporan Keuangan dalam Aplikasi SIMBA pada BAZNAS Kota Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2023)BAZNAS Kota Yogyakarta didirikan pada tahun 2012 masih melakukan penyusunan laporan keuangan zakat secara manual, kini telah menggunakan aplikasi SIMBA dalam menyusun laporan keuangannya. Penyusunan laporan keuangan ... -
Analisis Minat Beli Produk Roti Halal
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Pada zaman sekarang sudah banyak berkembang atas berbagai produk olahan makanan terutama pada olahan roti, yang sangat mudah dijangkau oleh Masyarakat yang belum tentu akan kehalalannya dengan hal tersebut penulis ingin ... -
Tingkat Literasi Ekonomi Islam dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi Rokok pada Masyarakat Kabupaten Bantul
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Merokok merupakan salah satu gaya hidup yang telah terbentuk di masyarakat dan sulit untuk dihentikan. Rokok telah menjadi kebutuhan pokok yang harus terpenuhi sehingga menjadi salah satu pengeluaran utama individu maupun ... -
Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Spiritual Company di Namu Tuang Café & Resto Sukabumi
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam. Setelah mendapatkan data di lapangan proses selanjutnya menganalisis dan mengolah ... -
Efektifitas Digitalisasi Terhadap Penghimpunan Dana Zakat Baznas Kabupaten Cilacap
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terkait dengan efektifitas digitalisasi dalam penghimpunan dana zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Cilacap. Penerapan digitalisasi menjadi inovasi baru dalam ... -
Pengaruh Inflasi, Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS), dan Harga Batubara Terhadap Harga Saham Syariah Pada Sub-Industri Produksi Batubara
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis parsial dan simultan pengaruh dari variable inflasi, sertifikat bank indonesia syariah, dan harga batubara terhadap harga saham syariah sub-industri produksi batubara. Penelitian ... -
MOWE : Pengembangan Produk Wedangan Tradisional Menjadi Minuman Kekinian (Mocktail)
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Pada saat ini, banyak beredar bisnis minuman kekinian yang muncul di tengah masyarakat, khususnya negara Indonesia. Bisnis minuman kekinian ini terbilang potensial karena minuman merupakan faktor utama masyarakat ... -
Peran Literasi Keuangan, Religiusitas, dan Psikologi Investor terhadap Minat Investasi di Pasar Modal Syariah (Studi pada Mahasiswa FIAI UII Yogyakarta)
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Semangat mahasiswa yang tinggi dalam berinvestasi saat ini terlihat dari tingginya kenaikan jumlah investor generasi muda namun dengan aset yang kecil. Mahasiswa perlu memperhatikan berbagai macam faktor dalam memaksimalkan ... -
Kesiapan Digital Baznas di Yogyakarta Berdasarkan Indeks Kesiapan Digital Organisasi Pengelola Zakat
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Meningkatnya kenaikan pembayaran donasi secara digital sebesar 72% di masyarakat serta adanya ketimpangan antara potensi dengan realisasi pengumpulan ZIS menjadi faktor yang dapat mempengaruhi BAZNAS untuk meningkatkan potensi ...