Browsing Islamic Education by Subject "Hasil Belajar"
Now showing items 1-14 of 14
-
Implementasi Media Audio Visual dalam meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas Iv SD IT Lisanul Arab
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Dalam dunia Pendidikan saat ini, implementasi media pembelajaran berbasis teknologi begitu dibutuhkan. Mengingat kecanggihan teknologi hampir menyeluruh pada berbagai aspek kehidupan termasuk pendidikan. Media pembelajaran ... -
Implementasi Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (Pakem) dalam Upaya meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII A MTS YAPI Pakem Sleman
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dapat menyebabkan kebosanan dan kondisi kelas menjadi monoton sehingga materi yang diberikan oleh guru kurang dipahami peserta didik. Hal tersebut tentunya akan berdampak ... -
Implementasi Model Pembelajaran Savi (Somatis Auditori Visual Intelektual) dalam meningkatkan Hasil Belajar pada Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTsN 10 Sleman
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Pada pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, guru terbiasa menggunakan metode konvensional, yang mendominasi pembelajaran hanya berfokus pada guru, dan kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk aktif ... -
PENGARUH BIMBINGAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SD NEGERI MEGULUNG LOR, PITURUH, PURWOREJO
(Universitas Islam Indonesia, 2017)Di era globalisasi seperti saat ini pendidikan agama sangat penting untuk dipelajari, karena agama merupakan pedoman hidup untuk menghadapi dampak negatif dari kemajuan di era globalisasi. Pendidikan agama yang diberikan ... -
PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PEAJARAN FIQIH SISWA KELAS XI MAN 4 SLEMAN
(Universitas Islam Indonesia, 2019-11-07)Pada dasarnya penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena selama proses pembelajaran di sekolah, sering ditemukan berbagai macam grup/kelompok siswa yang menonjol dibeberapa bidang seperti bidang akademik, olahraga, ... -
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS XI MAN 4 SLEMAN, YOGYAKARTA
(Universitas Islam Indonesia, 2019-02-20)Penelitian ini dilatarbelakangai oleh fenomena ketika proses belajar mengajar disekolah, sering ditemukan banyak anak yang cerdas dalam intelektualnya, namun kurang kesadaran diri dalam memahami emosinya, kurang menyesuaikan ... -
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN FIQIH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI MAN 4 SLEMAN, PAKEM, YOGYAKARTA
(Universitas Islam Indonesia, 2018-10-08)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya anak-anak yang belum memiliki pemahaman fiqih yang baik. Sementara, pemahaman seputar fiqih itu sangat penting, terutama untuk beribadah, dan juga ketika bermuamalah. Dari ... -
PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTs N 9 SLEMAN
(Universitas Islam Indonesia, 2018-10-05)Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian ... -
Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Fiqih Kelas Xi Man 1 Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2021-08-24)Penelitian ini dilatarbelakangi adanya virus covid-19, dimana saat ini pembelajaran dilakukan secara daring atau online. Pembelajaran daring dilakukan dengan harapan mengurangi penyebarluasan dari virus tersebut. Untuk ... -
Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Di SMP IT Al-Huda Karawang Jawa Barat
(Universitas Islam Indonesia, 2019-09-23)Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang masih sering dijumpai adanya permasalahan yang berkaitan dengan strategi pembelajaran. Selama ini dalam proses kegiatan belajar mengajar siswa sangat pasif, ... -
PENGARUH PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU AL QUR’AN HADITS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTSN 9 SLEMAN
(Universitas Islam Indonesia, 2018-08-15)Pengelolaan kelas memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran. diperoleh data bahwa sebagian siswa mengalami kesulitan dalam menerima dan mempelajari materi pelajaran Al-Qur’an Hadits dan sebagaian besar siswa asik ... -
Pengaruh Penggunaan Media Belajar Audio Visual dan Proses Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs YAPI Pakem
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Media pembelajaran merupakan elemen dan transmisi penting dalam pelaksanaan proses pendidikan. Dalam era serba digital dan memasuki era distrupsi, media belajar bukan hanya berperan sebagai alat teteapi juga proses untuk ... -
Pengaruh Penggunaan Smartphone untuk Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mtsn 7 Sleman Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Di zaman moderen ini, perkembangan teknologi dan informasi mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. Kemajuan teknologi khususnya smartphone yang berkembang begitu besar membuatnya menjadi elemen krusial dalam ... -
PENGGUNAAN ACTIVE LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS UNGGULAN DI MTs N 9 SLEMAN
(Universitas Islam Indonesia, 2018-08-14)Salah satu mata pelajaran yang diajarkan yaitu akidah akhlak yang mengajarkan tentang ajaran-ajaran agama Islam, membentuk karakter atau akhlak siswa sesuai syariat islam yang bertujuan agar anak dapat memahami, menghayati, ...