Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Di SMP IT Al-Huda Karawang Jawa Barat
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang masih
sering dijumpai adanya permasalahan yang berkaitan dengan strategi
pembelajaran. Selama ini dalam proses kegiatan belajar mengajar siswa sangat
pasif, siswa menghiraukan materi yang disampaikan bahkan ada beberapa siswa
yang bercanda dengan temannya. Sering kali guru terjebak dengan cara
konvensional yaitu berpusat pada guru (teacher centered) yang hanya berorientasi
pada pencapaian aspek-aspek kognitif yang mengandalkan metode ceramah dalam
pembelajarannya. Sehingga menyebabkan kejenuhan, membosankan, dan siswa
tertekan karena harus mendengarkan guru bercerita beberapa jam tanpa
memperhatikan siswa yang terlibat dalam proses pembelajaran, ditambah lagi
sarana dan prasarana yang kurang memadai, media pembelajaran yang tidak tepat,
dapat lingkungan diluar sekolah siswa yang kurang mendukung sehingga
menyebabkan minat dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Sedangkan strategi
Mind Map berorientasi pada pencapaiam pada aspek kognitif dan afektif pada
pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya
pengaruh penerapan strategi pembelajaran mind mapp terhadap hasil belajar siswa
pada mata pelajaran fikih di SMP IT Al-Huda Karawang Jawa Barat.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode
eksperimen yang dilaksanakan di SMP IT Al-Huda Karawang. Penelitian ini
merupakan penelitian populasi, karena yang menjadi sampel penelitian ini adalah
seluruh populasi yaitu kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan kelas VIII D sebagai
kelas eksperimen.
Berdasarkan pada data akhir perhitungan dari uji perbedaan rata-rata
menunjukan bahwa skor rata-rata tes kels eksperimen adalah 67,4, sedangkan skor
rata-rata post-test kontrol adalah 59. Hasil perhitungan dengan menggunakan ttest
menunjukan
bahwa
thitung
=
4.63
dan
ttabel
=
2,02
dengan
jika thitung >
ttabel dengan df = . Ini menunjukan bahwa thitung > ttabel (4.63 > 2.02).
jadi Ha diterima dan Ho ditolak.
Collections
- Islamic Education [862]