Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Fiqih Kelas Xi Man 1 Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya virus covid-19, dimana saat ini
pembelajaran dilakukan secara daring atau online. Pembelajaran daring dilakukan
dengan harapan mengurangi penyebarluasan dari virus tersebut. Untuk itu penulis
ingin menganalisis hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran fiqih selama
pembelajaran daring diterapkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan apakah ada pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar
siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian
ini di MAN 1 Yogyakarta, subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI berjumlah 231
siswa. Dalam penelitian ini menggunakan teknik sample random sampling sebanyak
81 siswa. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu pembelajaran daring dan hasil
belajar fiqih. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner yang disebarkan kepada
responden secara online menggunakan google form. Teknik analisis data penelitian ini
menggunakan regresi linier sederhana yang diolah dengan bantuan program SPSS
versi 20 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara pembelajaran daring
terhadap hasil belajar fiqih siswa kelas XI MAN 1 Yogyakarta yang ditunjukkan
dengan nilai fhitung 43,202 > Ftabel 3,96 dengan taraf signifikansi (0,000<0,05). Dengan
besarnya pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa kelas XI MAN 1
Yogyakarta sebesar 0,354% dengan dibuktikan R Square 0,0354. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh antara pembelajaran daring (X) terhadap hasil
belajar fiqih (Y).
Collections
- Islamic Education [864]