Pengaruh Penggunaan Smartphone untuk Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mtsn 7 Sleman Yogyakarta
Abstract
Di zaman moderen ini, perkembangan teknologi dan informasi mengalami
pertumbuhan yang sangat cepat. Kemajuan teknologi khususnya smartphone yang
berkembang begitu besar membuatnya menjadi elemen krusial dalam kehidupan
manusia. Perkembangan teknologi juga berdampak pada dunia pendidikan, fitur-
fitur yang terkandung di dalamnya dapat dimanfaatkan sebagai media
pembelajaran. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini, untuk mencari
pengaruh penggunaan smartphone terhadap hasil belajar peserta didik MTsN 7
Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan
smartphone dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik di
MTsN 7 Sleman, Yogyakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
desain eksperimen. Sampel penelitian ini adalah peserta didik MTsN 7 Sleman,
Yogyakarta, yang dipilih secara terpilih dengan pertimbangan tertentu sebagai
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Adapun analisis data dan hipotesis
dilakukan dengan regresi linier sederhana.
Data dikumpulkan melalui penggunaan kuesioner dan tes hasil belajar
peserta didik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik yang
sesuai untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penggunaan smartphone untuk pembelajaran tidak memberikan pengaruh yang
signifikan terhadap hasil belajar peserta didik di MTsN 7 Sleman, Yogyakarta.
Adapun besaran pengaruh dari penggunaan smartphone terhadap hasil belajar
siswa MTsN 7 Sleman hanya sebesar 0.4%.
Collections
- Islamic Education [864]