Implementasi Media Audio Visual dalam meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas Iv SD IT Lisanul Arab
Abstract
Dalam dunia Pendidikan saat ini, implementasi media pembelajaran berbasis
teknologi begitu dibutuhkan. Mengingat kecanggihan teknologi hampir menyeluruh
pada berbagai aspek kehidupan termasuk pendidikan. Media pembelajaran dalam
pendidikan berperan penting sebagai alat bantu guru dalam menyampaikan materi.
Siswa yang menjadi subyek belajar dan guru hanya sebagai fasilitator, dengan adanya
media pembelajaran akan mampu menciptakan kemandirian siswa dalam memahami
materi yang akan mempengaruhi pada hasil belajar yang akan diperoleh. Tujuan
penelitian ini berupaya untuk mengetahui bagaimana implementasi media audio visual
dan hasil belajar dari implementasi media Audio Visual pada mata pelajaran PAI siswa
kelas IV SD IT Lisanul Arab.
Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan penelitian lapangan
(field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan pada penelitian ini
adalah kepala sekolah, guru PAI, dan siswa kelas IV. Teknik yang digunakan dalam
penelitian menentukan informan menggunakan teknik purposive sampling yang
merupakan teknik dalam menentukan informan berdasarkan dengan kriteria yang
relevan dengan masalah penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan
wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) implementasi media Audio visual
menjadi jalan alternatif guru pada waktu-waktu tertentu yang sifatnya darurat dan (2)
implementasi media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa
kelas IV SD IT Lisanul Arab yang dibuktikan dengan nilai sebelum dan setelah
penelitian mengalami perubahan yang lebih baik.
Collections
- Islamic Education [863]