Analisis Sikap Konsumen terhadap Atribut Hotel Puri Artha Yogyakarta
Abstract
Semakin berkembangnya dunia pariwisata mendorong pula terhadap
perkembangan sarana pendukungnya. Salah satu diantaranya adalah industri
perhotelan. Saat ini, terutama di kota Yogyakarta semakin banyak didirikan hotel,
penginapan, maupun tempat peristirahatan guna memenuhi kebutuhan tempat
istirahat bagi konsumen. Hal ini didukung pula keberadaan kota Yogyakarta
sebagai barometer pariwisata kedua di Indonesia setelah Bali.
Perkembangan dunia pariwisata di kota gudeg ini mendorong setiap
manajer hotel untuk menentukan strategi pemasaran perhotelan mengingat
persaingan perhotelan di kota ini cukup ketat. Sehingga banyak pilihan bagi
konsumen untuk memilih hotel di Yogyakarta. Untuk lebih mengetahui sikap
konsumen dalam memilih kotel di Yogyakarta, termasuk di Hotel Puri Artha,
penulis mencoba untuk melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan
ilmu pemasaran dan perilaku konsumen. Sedangkan untuk membuktikan hipotesis
penulis menggunakan alat analisis indeks sikap, uji Kai Kuadrat dan Koefisien
Kontingensi.
Berdasarkan hasil pengujian dapat diketahui bahwa pelayanan yang
memuaskan konsumen merupakan atribut yang cukup dominan terhadap sikap
konsumen dalam memilih hotel Puri Artha Yogyakarta. Selain itu ada perbedaan
sikap konsumen terhadap fasilitas kolam renang dan harga kamar hotel yang lebih
murah dibanding hotel lain berdasarkan karakteristik jenis pekerjaan. Selain itu
ada pula perbedaan sikap konsumen berdasarkan tingkat pendapatan terhadap
fasilitas kolam renang dan prosedur check out yang cepat.
Collections
- Management [4703]