dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat ekuitas merek Mie Sedaap dan
Indomie menurut respon konsumen serta pengaruh dimensi kinerja, nilai, citra
sosial dan keyakinan merek terhadap secara simultan komitmen merek. Model
penelitian yang digunakan merupakan replikasi dari penelitian Lassar et al (1995).
Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini dibedakan menjadi 2yaitu
variabel independen dan variabel dependen. Yang termasuk variabel independen
adalah Dimensi kinerja merek, Nilai merek, Citra Sosial merek, dan
Trustworthiness merek, yang termasuk variabel dependen yaitu komitmen merek.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi perusahaan dalam
menentukan strategi yang efektif dalam program periklanan, khususnya
penggunaan tema-tema secara tepat sesuai dengan sasaran yang dibidiknya. Selain
itu, tingkat ekuitas merek memberikan pertimbangan bagi perusahaan untuk
memperluas pangsa pasar.
Penelitian dilakukan di wilayah DIY dengan 100 responden. Hasil Penelitian
menunjukkan bahwa dimensi kinerja, nilai, citra sosial dan keyakinan merek
berpengaruh secara simultan terhadap komitmen merek pada Indomie dan Mie
Sedaap. Variabel yang paling berpengaruh terhadap komitmen merek Mie Sedaap
adalah nilai merek. Variabel yang paling berpengaruh terhadap komitmen merek
Indomie adalah Trustwhortiness. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa
ekuitas merek Indomie lebih besardaripada ekuitas merekMie Sedaap. | en_US |