Pengaruh Sikap Patuh Hukum dan Sikap Pembelian Produk Bajakan Serta Kinerja Produk terhadap Keinginan Membeli Produk Bajakan Studi Kasus Mahasiswa UPN Yogyakarta
Abstract
Pembajakan produk menjadi menjamur begitu cepat dimana-mana sejak dua
dekade 1980an dan 1990an. Fenomena ini akibat perkembangan dan penyebaran
teknologi tinggi yang cepat pula ke masyarakat. Menjual dan memproduksi produk
bajakan adalah suatu tindakan kriminal karena telah melakukan pelanggaran Hak atas
Kekayaan Intelektual (HaKI). (Cordell et al. 1996).
Pembajakan produk tumbuh subur di Timur karena perbedaan budaya dengan
negara Barat. Negara Timur dikenal memiliki budaya kolektifisme sangat
menekankan pada mendahulukan kepentingan bersama dari pada kepentingan
individu. Di pihak lain, negara Barat memiliki budaya individualisme yang sangat
menekankan bahwa kepentingan individu harus dihormati, sehingga secara natural
budaya Barat ini memang sesuai dengan penegakan HaKI yang membutuhkan
dukungan pelaku bisnis yang respek pada kepemilikan individual, termasuk di
dalamnya kepemilikan intelektual.
Variabel dalam penelitian ini adalah: Sikap Terhadap Kepatuhan Hukum
Secara Umum, Sikap Terhadap Pembelian Produk Bajakan, Harapan Terhadap
Kinerja Produk, Keinginan Membeli, Status Konsumsi.
Secara teknik analisis data yang akan digimakan dalam penelitian ini meliputi dua
bagian yaitu: 1) analisis deskriptif, yang bertujuan bukan untuk membuktikan suatu
hipotesis namun hanya memberikan gambaran (mendeskripsikan) mengenai data
yang diperoleh dari penelitian yang antara lain meliputi deskripsi profil demografi
responden dan deskripsi tentang variabel penelitian; 2) analisis inferensial, analisis
yang dilakukan dengan tujuan untuk membuktikan suatu hipotesis, daiam penelitian
ini analisis inferensial yang digunakan meliputi analisis regresi ganda dan uji tsampel
independen.
Collections
- Management [4703]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Citra Merek Terhadap Minat Pembelian Produk Kosmetik Merek Lokal Di Yogyakarta (Produk Blp Beauty - By Lizzie Parra)
NOVITA DARA LARASATI (Universitas Islam Indonesia, 2021-07-15)Semakin berkembangnya zaman, perubahan gaya hidup masyarakat juga mengalami banyak peningkatan. Salah satu gaya hidup yang semakin terlihat adalah penggunaan kosmetik untuk penunjang penampilan sehari-hari. Perubahan gaya ... -
PENGARUH INOVASI PRODUK, DESAIN PRODUK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA PRODUK WOODENWAY
Tri Yudianto Bagaskara, 15311304 (Universitas Islam Indonesia, 2020-01-24)Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah inovasi produk,desain produk,dan kualitas produk berpengaruh terhadap keunggulan bersaing suatu produk. Populasi dalam penelitian ini adalah orang-orang yang ada di ... -
Pengaruh Inovasi Produk, Desain Produk dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Produk IKEA
Ajy, Muhammad Daffa Kresna (Universitas Islam Indonesia, 2023-07-27)“Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah inovasi produk, desain produk dan kualitas produk berpengaruh terhadap keunggulan bersaing. Metode sampingan dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. ...