Pengaruh Profitabilitas dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility sebagai variabel pemoderasi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 50 perusahaan selama periode tahun 2013-2017 dengan teknik purposive sampling. Teknik uji analisis yang digunakan pada penelitian ini antara lain, Analisis Statistik Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linear Berganda, Uji t, dan Uji F, dan Uji Koefisien Determinasi.
Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa secara parsial variabel profitabilitas dan leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Pada penelitian ini juga menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility dapat memoderasi dan memperkuat pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Tetapi Corporate Social Responsibility tidak dapat memoderasi pengaruh leverage terhadap nilai perusahaan. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa variabel profitabilitas, leverage, corporate social responsibility, moderasi ROA*CSR dan DER*CSR berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan.
Collections
- Management [4527]