dc.description.abstract | Dewasa ini persaingan bisnis dalam berbagai industri begitu ketat seiring dengan pesatnya laju pembangunan, termasuk didalamnya persaingan bisnis retail mulai dari toko eceran kecil hingga toko eceran besar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh perusahaan retail untuk dapat menarik konsumen agar datang dan membeli serta menjadi langganan usaha retailnya dapat dengan menciptakan lingkungan toko yang menarik, nyaman serta menyenangkan. Untuk itu peneliti mencoba meneliti bagaimana sikap konsumen terhadap lingkungan Toko Pamella dan meneliti apakah ada pcrbedaan sikap konsumen terhadap lingkungan loko berdasarkan kharakteristik konsumen.
Data diperoleh melalui teknik simple random sampling dari I 00 responden yang pernah berbelanja di Toko Pamella. Data dianalisis dcngan mcnggunakan uji kai kuadrat atau chi squares, koefisien kontigensi dan formulasi fishbein.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen memberikan penilaian yang baik terhadap lingkungan Toko Pamella dan tidak terdapat perbedaan sikap konsumen terhadap lingkungan toko berdasarkan usia, tingkat pendidikan, jenis pekerjaan dan tingkat pendapatan. Untuk variabel jenis kelamin tidak terdapat perbedaan sikap konsumen terhadap lingkungan toko pada variabel image external, daya tarik penglihatan, daya tarik suara, daya tarik aroma dan daya tarik tema, sedangkan untuk variabel image internal toko terdapat perbedaan sikap konsumen yang ditunjukkan oleh analisis kai kuadrat
Dengan demikian bagi Toko Pamella Perlu untuk mempertahankan penilaian yang diberikan oleh konsumen dan dapat meningkatkan kualitas terhadap variabel variabel lingkungan toko yang masih perlu untuk ditingkatkan. | en_US |