Show simple item record

dc.contributor.advisorIda Nuraini Dewi Kodrat Ningsih S.I.Kom., M.A
dc.contributor.authorMuhammad Taufik, 15321090
dc.date.accessioned2020-01-28T01:44:48Z
dc.date.available2020-01-28T01:44:48Z
dc.date.issued2019-10-23
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/17511
dc.description.abstractKemajuan teknologi sangat pesat yang dirasakan saat ini. Masyarakat menggunakan teknologi setiap harinya untuk mencari informasi, baik itu melalui televisi, website, dan juga sosial media. Hal tersebut membuat RBTV (Rakyat Bengkulu Televisi) melakukan konvergensi media kedalam platform website dan sosial media untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat. Penelitian ini akan berfokus untuk mengetahui strategi pemberitaan media lokal RBTV dalam platform konvergensi yang kemudian akan dianalisa Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deksriptif. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara. Narasumber dalam penelitian ini antara lain Pimpinan Redaksi RBTV dan Redaktur Online RBTV. Pemilihan narasumber ditentukan purposive sampling dan atas rekomendasi dari RBTV sendiri. Makalah ini bertujuan Untuk mengetahui strategi pemberitaan di media lokal RBTV dalam platform konvergensi dan mengetahui hambatan dan pendukung strategi pemberitaan RBTV dalam platform konvergensi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemberitaan media lokal RBTV dalam platform konvergensi dapat dibagi menjadi tiga, yakni: pertama, konvergensi di newsroom dimana platform televisi diintegrasikan dengan platform konvergensi yaitu website, media sosial facebook, twitter, instagram, dan youtube. Kedua, konvergensi di newsgathering dimana jurnalis dan manajemen stasiun televisi RBTV diberikan tugas tambahan untuk kebutuhan konvergensi. Ketiga, konvergensi di content dimana bentuk multimedia yang di televisi, diubah menjadi bentuk gambar dan teks di platform konvergensi. Hambatan maupun tantangan yang terdapat di dalam proses konvergensi RBTV, ialah kesiapan internal SDM dan sumber daya keuangan yang diperlukan. Sedangkan, faktor pendukung konvergensi ialah bantuan dari jaringan Jawa Pos Media Group dalam mempersiapkan proses konvergensi, serta dukungan dari masyarakat Bengkulu yang tinggi terhadap stasiun televisi RBTV.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectstrategi pemberitaanen_US
dc.subjectpemberitaanen_US
dc.subjectmedia lokalen_US
dc.subjectkonvergensien_US
dc.titleANALISIS STRATEGI PEMBERITAAN MEDIA LOKAL RBTV ( RAKYAT BENGKULU TELEVSI ) DALAM PLATFORM KONVERGENSIen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record