STRATEGI CUSTOMER RELATIONS PT. BERLIAN PROMOSINDO (TEGSA) DAN PT. BINTANG SARANA MEDIA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PERIKLANAN DI ERA DIGITAL MARKETING
Abstract
Outdoor advertising atau media luar ruang merupakan media yang berukuran besar
dan dipasang pada tempat-tempat terbuka seperti di pinggir jalan, pusat keramaian, bus kota,
gedung, dan sebagainya. Untuk Menghadapi persaingan periklanan, perusahaan memiliki
beberapa strategi, salah satunya strategi Customer Relations. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana strategi customer relations di PT. Bintang Sarana Media dan PT.
Berlian Promosindo (TEGSA) dalam Menghadapi persaingan periklanan di era digital
marketing saat ini.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara. Hasil dari
penelitian yang telah dilakukan terkait Strategi Customer Relations PT. Berlian Promosindo
(TEGSA) ialah pertama, melalui strategi customer service berupa pemberian nomer telepon
dan alamat email. Kedua, strategi frequency and loyalty berupa pemberian hadiah dan
compliment. Ketiga, strategi cuztomization yang berupa pemberian produk sesuai dengan
keinginan konsumen. Keempat, strategi community building yang merupakan program
kegiatan outing, renang, dan berlibur keluar kota dengan konsumen. Kelima, strategi
consumer information dengan memberikan segala informasi berupa database. Terakhir,
strategi complaint handling yang dilakukan dengan memberikan solusi terhadap keluhan
konsumen maksimal 2x24 jam. Sementara itu, Strategi Customer Relations PT. Bintang
Sarana Media ialah pertama, melalui strategi customer service berupa pemberian kontak
perusahaan melalui produk periklanan. Kedua, strategi frequency and loyalty yang berupa
pemberian hadiah dan memberi pelayanan yang baik. Ketiga, strategi cuztomization berupa
pemberian produk sesuai dengan keinginan konsumen. Keempat, strategi community
building berupa kegiatan rutin seperti bermain golf dan tenis dengan konsumen. Kelima,
strategi consumer information dengan memberikan informasi berupa database. Terakhir,
strategi complaint handling berupa pemberian solusi dengan cepat.
Collections
- Communication [949]