ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENGGUNAKAN MOBILE BANKING (Studi Kasus pada Pengguna Jenius di Daerah Istimewa Yogyakarta)
Abstract
Perkembangan teknologi di industri perbankan saat ini memberikan banyak inovasi-inovasi baru, salah satu inovasi teknologi berbasis fintech yang dimanfaatkan dan perusahaan perbankan adalah mobile banking. Bank BTPN mengembangkan teknologi tersebut dengan aplikasinya yaitu Jenius. Untuk mengetahui tingkat pemanfaatan suatu inovasi yaitu dengan menggunakan model teori Technology Acceptance Model (TAM). Variabel TAM meliputi persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan, dan variabel tambahan ketersediaan fitur, dan minat untuk menggunakan. Hasil analisis menunjukan bahwa persepsi responden pada variabel presepsi kemanfaatan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap perilaku minat dalam menggunakan. Untuk hasil analisis pada variabel penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari presepsi kemudahan dan ketersediaan fitur terhadap perilaku minat untuk menggunakan.
Collections
- Akuntansi [4426]