Apa yang Diinginkan Millennials di Masa Depan? (Studi Kasus Makna Kerja bagi Generasi Millennial di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang makna bekerja bagi generasi millennial,
penelitian dilakukan dengan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus.
Dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia, dengan memilih
enam orang narasumber dari tiga program studi yang ada. Metode analisis data
menggunakan Triangulasi Data yaitu, reduksi data, display data dan kesimpulan.
Generasi millennial merupakan terminologi generasi yang saat ini banyak di
perbincangkan di dunia, termasuk Indonesia. Karakteristik dari generasi
millennial berbeda sesuai dengan keadaan sosial-ekonomi nya, namun pada umum
nya millennials ditandai dengan kedekatan dengan komunikasi, teknologi digital
dan entertainment. Masalah yang di bahas dalam penelitian ini adalah makna
kerja dan persiapan menuju dunia pekerjaan bagi generasi millennial yang saat ini
menempuh pendidikan semester dua di Fakultas Ekonomi Universitas Islam
Indonesia. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Makna bekerja bagi generasi
millennial adalah bekerja sesuai passion, menerapkan ilmu pengetahuan dan
teknologi dan mencapai kemandirian finansial. 2) Dalam mempersiapkan diri
menuju dunia kerja, millennials cendrung mengikuti kegiatan yang bermanfaat
untuk menambah soft skills dan hard skills.
Collections
- Management [4548]