Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Jumlah Kunjungan Obyek Wisata di Daerah Istimewa Yogyarkarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis e-word of
mouth,manfaat media sosial,kemudahan media sosial dan kenyamanan media
sosial berpengaruh terhadap sikap penggunaan media sosial .
Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dalam penelitian
kuantitatif ini peneliti merumuskan masalah yang baru dengan
mengidentifikasikan melalui hipotesis yaitu jawaban sementara terhadap rumusan
masalah penelitian, populasi penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke
DIY pada periode maret 2019 sampai april 2019 dan wisatawan yang pernah
menggunakan dan mengakses media sosial, penulis secara acak mensurvei 120
responden di obyek wisata di daerah istimewa Yogyakarta untuk menguji
pengaruh manfaat media sosial terhadap minat wisatawan berkunjung ke obyek
wisata yang ada di Daerah istimewa Yogyakarta analisis yang digunakan adalah
analisis partial least square (PLS).
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa e-word of mouth,manfaat media
sosial,kemudahan media sosial dan kenyamanan media sosial berpengaruh positif
terhadap sikap penggunaan media sosial. Dari hasil penelitian ini membuktikan
bahwa sikap penggunaan media sosial berpengaruh terhadap kunjungan wisata di
DIY. Semakin tinggi sikap penggunaan media sosial akan meningkatkan
kunjungan wisata di DIY.
Collections
- Akuntansi [4399]