PENGARUH MANAJEMEN KUALITAS TERHADAP INOVASI DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Yogyakarta)
Abstract
Mengenai ekonomi di Indonesia, sangat cepat untuk membuat kompleksitas bisnis
yang menyebabkan daya saing di antara bisnis menjadi lebih kompetitif, ini sangat
sulit untuk dihindari dan bagaimana upaya upaya ini mengatasinya. Tujuan artikel
ini adalah untuk membahas di mana terdapat perbedaan dalam manajemen mutu,
sebagai faktor tunggal, terkait dengan inovasi produk dan inovasi proses; dan
akhirnya bagaimana perusahaan memengaruhi keunggulan perusahaan di pasar.
Analisis diikuti untuk pembaruan antara konstruksi model yang diusulkan,
termasuk analisis faktor, evaluasi awal, diikuti oleh analisis faktor konfirmatori dan
akhirnya negosiasi pemodelan persamaan struktural (SEM) dengan 100 sampel di
perusahaan manufaktur di Yogyakarta menggunakan metode kuantitatif. Temuan,
Menurut temuan saya, manajemen kualitas memberikan kepositifan langsung yang
signifikan untuk inovasi produk dan proses. Selain itu, inovasi produk dan proses
memiliki efek langsung positif pada keunggulan kompetitif perusahaan. Dengan
demikian, penelitian ini membuktikan bahwa manajemen kualitas adalah peluang
bagi perusahaan untuk meningkatkan inovasi mereka dan meningkatkan daya saing
mereka.
Collections
- Management [4703]