Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Kalimilk Yogyakarta dalam Menghadapi Persaingan Usaha Kuliner di Era Modern
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran terpadu
Kalimilk Yogyakarta dalam menghadapi persaingan usaha kuliner di era modern. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran terpadu Kalimilk
Yogyakarta dalam menghadapi persaingan usaha kuliner di era modern. Tujuan penelitian ini
adalah mengetahui strategi komunikasi pemasaran terpadu Kalimilk Yogyakarta dalam
menghadapi persaingan di era modern dan hambatan-hambatan dalam menerapkannya.
Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Dan penelitian ini menggunakan
paradigma konstruktivisme Paradigma ini memandang ilmu sosial sebagai analisis sistematis
atas socially meaning action melalui pengamatan langsung terhadap aktor sosial dalam setting
yang alamiah agar dapat memahami dan menafsirkan bagaimana aktor sosial menciptakan dan
memelihara dunia sosial..
Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa Kalimilk Yogyakarta melakukan kegiatan
analisis pasar, menentukan segmentasi dan target pasar, kemudian menggunakan marketing mix
dan promotion mix. Sebagai faktor pendukung pemasaran diantaranya adalah dengan melakukan
sales promotion, direct marketing dan media sosial. Faktor penghambat proses pemasaran
adalah munculnya pesaing dengan produk baru susu dan kopi dengan harga yang lebih murah,
kegiatan kehumasan yang belum dimaksmialkan.
Collections
- Communication [943]