Pengaruh Biaya Promosi Harga dan Biaya Distribusi terhadap Volume Penjualan Pada PT. Aneka Gas dan Industri Cikarang Divisi Regional Jawa Barat
Abstract
Dalam rangka mengetahui pengaruh tingkat harga jual, biaya distribusi
dan biaya promosi terhadap volume penjualan gas nitrogen dan oksigen pada PT.
Aneka Gas dan Industri Cikarang Divisi Regional Jawa Barat, maka telah
dilakukan analisis regresi linier berganda dengan variabel dependent adalah
volume penjualan dan variabel independent adalah tingkat harga jual, biaya
distribusi dan biaya promosi, dengan menggunakan data selama 10 tahun yaitu
1993 sampai dengan 2002. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat harga
jual, biaya distribusi dan biaya promosi berpengaruh kuat terhadap besarnya
volume penjualan baik pada penjualan gas nitrogen maupun gas oksigen. Namun
pengaruh dari masing - masing variabel independent tersebut terhadap volume
penjualan adalah tidak sama antara produk gas nitrogen dan gas oksigen.
Untuk produk gas nitrogen, variabel tingkat harga jual berpengaruh
negatif dan kenaikan biaya distribusi serta biaya promosi berpengaruh positif
terhadap volume penjualan. Sedangkan untuk produk gas oksigen, tingkat harga
jual dan biaya distribusi berpengaruh negatif, namun variabel biaya promosi
berpengruh positif terhadap volume penjualan. Disamping itu apabila dianalisis
secara parsial mengenai pengaruh variabel tingkat harga jual, biaya distribusi dan
biaya promosi terhadap volume penjualan gas maka dapat disimpulkan bahwa
untuk produk gas nitrogen yang paling berpengaruh adalah biaya distribusi dan
untuk produk gas oksigen adalah biaya promosi.
Collections
- Management [4548]