EVALUASI KONDISI PERKERASAN LENTUR PADA JALAN KABUPATEN BERDASARKAN NILAI PCI(PAVEMENT CONDITION INDEX) dan IRI(INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX) PAVEMENT’S CONDITION EVALUATION AT KABUPATEN STREET BASED ON PCI(PAVEMENT CONDITION INDEX) and IRI(INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX) VALUES
Abstract
Jalan Kabupaten merupakan jalan yang menghubungkan Jalan Godean langsung ke Jalan
Lingkar Utara (Ring Road Utara) yang merupakan salah satu jalur yang menghubungkan daerah
kota Sleman dengan Kecamatan Godean dan sekitarnya. Maka dari itu Jalan Kabupaten banyak
dilintasi para pengendara yang membuat kondisi jalan mengalami kerusakan cukup banyak.
Sehingga perlu dilakukan evaluasi kondisi perkerasan untuk mengetahui kondisi dan
penanganannya berdasarkan hasil evaluasi tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah
mengetahui kondisi ruas, serta memberikan usulan perbaikan untuk mengatasi kerusakan yang
terjadi pada Jalan Kabupaten.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari survei
lapangan dan data sekunder yang diperoleh dari Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman. Data
primer didapatkan di lapangan adalah data % luasan kerusakan, jenis kerusakan dan kerataan
permukaan/count BI (Bump Integrator) menggunakan Roughometer NAASRA pada ruas Jalan
Kabupaten sepanjang 1,5 km dari Sta. 1+200 – Sta. 2+700. Data sekunder berupa data lalulintas
harian yang diperoleh dari Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman. Analisis kondisi dan perbaikan
ruas jalan menggunakan metode Pavement Condition Index(PCI) dan International Roughness
Index(IRI) berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum no 13 tahun 2011.
Hasil analisis Pavement Condition Index(PCI) pada arah Ringroad – Jalan Kabupaten
terdapat 11 segment dari 15 segment yang menadapatkan rating di bawah kondisi sedang (Fair),
sementara arah sebaliknya hanya terdapat 8 segment dengan kondisi serupa, jenis kerusakan yang
mendominasi berupa tambalan dan retak buaya. Hasil analisis metoda International Roughness
Index(IRI) dan PERMEN PU No 13 tahun 2011 dapat diketahui kondisi ruas Jalan Kabupaten
didominasi kondisi sedang sebanyak 23 segment atau sebesar 76,6%. , kemudian 5 segment dalam
kondisi rusak ringan atau sebesar 16,7% dan 2 segment dalam kondisi baik atau sebesar 6,7%.
Dari kondisi tersebut kemudian dilakukan program penanganan jalan dengan kondisi baik
dilakukan program penanganan pemeliharan rutin, sedangkan untuk kondisi sedang dilakukan
program penanganan pemeliharaan rutin berkala dan untuk kondisi rusak ringan dilakukan
pemeliharaan rehabilitasi.
Collections
- Civil Engineering [4192]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Analisis Kinerja Reksadana Syariah Indonesia Dengan Menggunakan Sharpe Index, Treynor Index Dan Jensen Index
Novita Anggraini PW (Universitas Islam Indonesia, 2008)Penelititan ini bertujuan untuk mengukur Kinerja Reksadana Syariah dan Reksadana Konvensional sebagai kinerja pembanding serta menganalisis konsistensi ukuran kinerja portofolio (Sharpe Index, Treynor Index clan Jensen ... -
Evaluasi Nilai Pavement Condition Index (PCI) dan Present Serviceability Index (PSI) pada Perkerasan Lentur Jalan (Studi Kasus Jalan Jogja-Wonosari Tahun 2003)
Sabariman; Hermansyah, Epribony (UII Yogyakarta, 2003)Jalan Jogja -Wonosari merupakan jalan yang berfungsi sebagai penunjang aspek ekanomi dan pembangunan nasional, sehingga perlu perawatan dan perbaikan terhadap kerusakan jalan untuk mengembalikan fungsi jalan. Sebelum ... -
Portofolio Optimal Saham Syariah dengan Single Index Model Pada Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2011 - 2015
Sukartini, Mery (UII, 2016)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) saham unggulan yang dapat dimasukan dalam portofolio, 2) tingkat return portofolio dan) tingkat risiko portofolio yang dibentuk dengan menggunakan Single Index Model pada Jakarta ...