MODEL PENJELAS KEPUTUSAN BERDONASI MELALUI LAYANAN PENDANAAN BERBASIS FINANCIAL TECHNOLOGY (CROWDFUNDING)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menjadi penjelas keputusan berdonasi pada layanan berbasis financial technology (crowdfunding). Faktor-faktor tersebut dikelompokan menjadi tiga kategori utama, yaitu project-related characteristic, platform-related characteristic, dan fundraiser-related characteristic yang dimediasi oleh kepercayaan dan risiko terpresepsi serta dimoderik dengan tingkat religiusitas dan profil risiko yang mempengaruhi kerelaan berdonasi pemberi dana (funder) melalui situs (platform) crowdfunding di Indonesia. Penelitian ini menggunakan 203 sampel kuesioner dengan kriteria sudah pernah memberikan dana-nya melalui situs crowdfunding. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah PLS-SEM. Hasil menunjukan bahwa seluruh variabel yang menjadi faktor dalam mempengaruhi kerelaan berdonasi pemberi dana (funder) terbukti menghasilkan pengaruh positif signifikan melalui kepercayaan, risiko terpersepsi, dan dimoderasikan oleh tingkat religiusitas, tetapi saat dimoderasikan oleh profil risiko hasil menunjukan negatif tidak signifikan.
Collections
- Management [4550]