Analisis Perbedaan Sikap Konsumen terhadap Atribut Marketing Mix pada Produk Kartu Telepon Seluler Prabayar Merk Simpati dan Mentari (Studi Kasuspada Mahasiswa FE-UII Yogyakarta)
Abstract
Perkembangan dunia usaha semakin kompleks dan ketat dalam kompetisinya.
Hampir semua aspek dalam kehidupan dapat dijadikan usaha dan bisnis. Dalam
perkembangannya dunia usaha selalu dimulai dari pemula dalam dunia usaha tertentu
hingga tumbuh persaingan dalam dunia usaha tersebut karena adanya pendatang baru
dalam dunia usaha tersebut. Pada saat persaingan sangat ketat maka berbagai macam
strategi dalam memasarkan produk yang ditawarkan pun dilakukan guna mendapati
konsumen sasaran. Salah satu aspek hidup yang telah dijadikan komoditi dunia usaha
adalah komunikasi.
PT. Telkomsel dan PT. Indosat merupakan dua perusahaan terbesar yang
menawarkan produk kartu telepon seluler prabayar di Indonesia. Produk yang
ditawarkan ke konsumen yaitu kartu telepon seluler prabayar merk Simpati
(PT. Telkomsel) dan Mentari (PT. Indosat).Dalam perkembangannya produk yang
ditawarkan kedua perusahaan ini adalah produk yang sama yaitu produk alat
komunikasi sehingga dalam menjalankan usahanya mereka akan selalu menjadi
pesaing satu sama lainnya. Dengan semakin maju ilmu pengetahuan dan teknologi
maka pemikiran seseorang akan semakin cerdas dalam menentukan pilihan hidupnya.
Konsumen saat ini sudah sangat kritis dan pintar dalam memilih produk yang akan
digunakannya. Oleh karena itu, untuk mendapatkan konsumen sasaran yang semakin
kritis saat ini dibutuhkan berbagai strategi pemasaran.
Penelitian itu bertujuan mengetahui perbedaan penilaian konsumen terhadap
atribut marketing mix (produk, harga, promosi dan distribusi) yang dimiliki oleh
kedua produk tersebut. Dalam penelitian ini alat pengukuran yang digunakan adalah
metode indeks sikap Fishbein dan metode Wilcoxon. Metode indeks sikap Fishbein
memiliki tiga komponen (keyakinan/kepercayaan (bi) konsumen, evaluasi konsumen
{ei) dan sikap (Ao) konsumen) yang akan mengukur penilaian konsumen terhadap
atribut marketing mix pada produk kartu telepon seluler prabayar merk Simpati dan
Mentari. dalam penelitian ini yaitu komponen. Dan pada akhirnya, metode Wilcoxon
akan mengukur jarak perbedaan yang ada antara penilaian konsumen terhadap kedua
produk tersebut.
Dari hasil analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan
penilaian konsumen terhadap atribut harga untuk masing-masing komponen
keyakinan/kepercayaan (bi) konsumen, evaluasi konsumen (ei) dan sikap (Ao)
konsumen. Konsumen dalam memilih produk kartu telepon seluler prabayar sangat
mengukur value (nilai) dari produk tersebut yang seharusnya sebanding atau lebih
baik dari pengorbanan/pengeluaran yang sudah diberikan untuk menggunakannya.
Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa konsumen memiliki penilaian lebih baik
terhadap atribut harga pada kartu telepon seluler prabayar merk Simpati dibandingkan
atribut harga pada kartu telepon seluler prabayar merk Mentari. Dari hasil ini,
perusahaan hendaknya tetap menjaga kualitas produk yang sudah ada dan terus
melakukan peningkatan dan perbaikan kualitas dalam upaya menyeimbangi harapan
konsumen terhadap produk yang bersangkutan.
Collections
- Management [4703]