Show simple item record

dc.contributor.advisorBudi Astuti
dc.contributor.authorHendi Albino
dc.date.accessioned2020-12-04T01:26:48Z
dc.date.available2020-12-04T01:26:48Z
dc.date.issued2006
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/25642
dc.description.abstractPerkembangan dunia usaha semakin kompleks dan ketat dalam kompetisinya. Hampir semua aspek dalam kehidupan dapat dijadikan usaha dan bisnis. Dalam perkembangannya dunia usaha selalu dimulai dari pemula dalam dunia usaha tertentu hingga tumbuh persaingan dalam dunia usaha tersebut karena adanya pendatang baru dalam dunia usaha tersebut. Pada saat persaingan sangat ketat maka berbagai macam strategi dalam memasarkan produk yang ditawarkan pun dilakukan guna mendapati konsumen sasaran. Salah satu aspek hidup yang telah dijadikan komoditi dunia usaha adalah komunikasi. PT. Telkomsel dan PT. Indosat merupakan dua perusahaan terbesar yang menawarkan produk kartu telepon seluler prabayar di Indonesia. Produk yang ditawarkan ke konsumen yaitu kartu telepon seluler prabayar merk Simpati (PT. Telkomsel) dan Mentari (PT. Indosat).Dalam perkembangannya produk yang ditawarkan kedua perusahaan ini adalah produk yang sama yaitu produk alat komunikasi sehingga dalam menjalankan usahanya mereka akan selalu menjadi pesaing satu sama lainnya. Dengan semakin maju ilmu pengetahuan dan teknologi maka pemikiran seseorang akan semakin cerdas dalam menentukan pilihan hidupnya. Konsumen saat ini sudah sangat kritis dan pintar dalam memilih produk yang akan digunakannya. Oleh karena itu, untuk mendapatkan konsumen sasaran yang semakin kritis saat ini dibutuhkan berbagai strategi pemasaran. Penelitian itu bertujuan mengetahui perbedaan penilaian konsumen terhadap atribut marketing mix (produk, harga, promosi dan distribusi) yang dimiliki oleh kedua produk tersebut. Dalam penelitian ini alat pengukuran yang digunakan adalah metode indeks sikap Fishbein dan metode Wilcoxon. Metode indeks sikap Fishbein memiliki tiga komponen (keyakinan/kepercayaan (bi) konsumen, evaluasi konsumen {ei) dan sikap (Ao) konsumen) yang akan mengukur penilaian konsumen terhadap atribut marketing mix pada produk kartu telepon seluler prabayar merk Simpati dan Mentari. dalam penelitian ini yaitu komponen. Dan pada akhirnya, metode Wilcoxon akan mengukur jarak perbedaan yang ada antara penilaian konsumen terhadap kedua produk tersebut. Dari hasil analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan penilaian konsumen terhadap atribut harga untuk masing-masing komponen keyakinan/kepercayaan (bi) konsumen, evaluasi konsumen (ei) dan sikap (Ao) konsumen. Konsumen dalam memilih produk kartu telepon seluler prabayar sangat mengukur value (nilai) dari produk tersebut yang seharusnya sebanding atau lebih baik dari pengorbanan/pengeluaran yang sudah diberikan untuk menggunakannya. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa konsumen memiliki penilaian lebih baik terhadap atribut harga pada kartu telepon seluler prabayar merk Simpati dibandingkan atribut harga pada kartu telepon seluler prabayar merk Mentari. Dari hasil ini, perusahaan hendaknya tetap menjaga kualitas produk yang sudah ada dan terus melakukan peningkatan dan perbaikan kualitas dalam upaya menyeimbangi harapan konsumen terhadap produk yang bersangkutan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPerbedaan Sikap Konsumenen_US
dc.subjectAtribut Marketing Mixen_US
dc.subjectProduk Kartu Telepon Seluler Prabayaren_US
dc.subjectMerk Simpati dan Mentarien_US
dc.titleAnalisis Perbedaan Sikap Konsumen terhadap Atribut Marketing Mix pada Produk Kartu Telepon Seluler Prabayar Merk Simpati dan Mentari (Studi Kasuspada Mahasiswa FE-UII Yogyakarta)en_US
dc.Identifier.NIM00311188


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record