PENGARUH CITRA PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN BPJS KESEHATAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis pengaruh citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan PT. Askes Menjadi BPJS Kesehatan. Dalam penelitian ini sampel yang diambil adalah sebagian masyarakat Yogyakarta yang dahulu menjadi pelanggan PT. Askes dan saat ini juga menjadi pelanggan BPJS Kesehatan. Jumlah sampel yang digunakan dalam pengambilan sampel alam penelitian ini diambil 100 orang responden. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel dan penelitian ini adalah purposive sampling. Alat analisis yaitu analisis regresi linier. Hasil analisis Regresi Linier menunjukkan bahwa diperoleh nilai probabilitas-statistik = 0,000 < Level of Significant = 0,05, maka diketahui bahwa ada pengaruh signifikan antara Citra Perusahaan (X) terhadap Loyalitas Pelanggan Masyarakat Yogyakarta yang dahulu menjadi pelanggan PT. Askes dan saat ini juga menjadi pelanggan BPJS Kesehatan (Y). Diperoleh R2 (Koefisien Determinasi Berganda atau R Square) sebesar 0,174, artinya variabel dependen (Y) dalam model yaitu Loyalitas Pelanggan Masyarakat Yogyakarta yang dahulu menjadi pelanggan PT. Askes dan saat ini juga menjadi pelanggan BPJS Kesehatan (Y) dijelaskan oleh variabel independen (X) yaitu variabel Citra Perusahaan (X) sebesar 17,4%, sedangkan sisanya sebesar 82,6% dijelaskan oleh variabel lain di luar model. Kesimpulan analisis menunjukkan bahwa Citra Perusahaan mempunyai pengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan masyarakat Yogyakarta yang dahulu menjadi pelanggan PT. Askes dan saat ini juga menjadi pelanggan BPJS Kesehatan. Hal ini dapat diartikan, jika Citra Perusahaan meningkat, maka Loyalitas Pelanggan masyarakat Yogyakarta yang dahulu menjadi pelanggan PT. Askes dan saat ini juga menjadi pelanggan BPJS Kesehatan akan mengalami peningkatan.
Collections
- Management [4530]