PENGARUH LABEL HALAL DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN MI INSTAN IMPOR PADA PELANGGAN INDOMARET NGEMPLAK, SLEMAN, YOGKAKARTA
Abstract
Pembahasan dalam penelitian ini adalah permasalahan para Muslim yang mengkonsumsi mi
instan impor baik mi instan yang memiliki label halal atau yang belum memiliki label halal.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pegaruh label halal dan dukungan sosial
terhadap perilaku pembelian mi instan impor pada pelanggan Indomaret. Penelitian ini
menggunakan data primer dengan memberikan kuesioner kepada pelanggan Indomaret
dengan jumlah responden 75 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive
sampling dan dalam melakukan analisis data menggunakan SPSS versi 21. Hasil penelitian
ini adalah bahwa label halal yang merupakan variabel dummy tidak berpengaruh terhadap
perilaku pembelian mi instan impor dengan nilai Sig. (0,354 > 0,05) da nilai t hitung label
halal sebesar 0,932 < 1,666. Pada dukungan sosial berpengaruh signifikan terhadap periaku
pembelian mi instan impor dengan nilai Sig. (0,008 < 0,05) dan nilai t hitung sebesar 2,723.
Sedangkan label halal dan dukungan sosial berpengaruh secara simultan terhadap perilaku
pembelian mi instan impor dengan nilai F hitung sebesar (3,853 > 2,74).
Collections
- Islamic Economics [826]