EXAMINING THE ROLE OF ADVERTISING IN BRAND EQUITY CREATION: INDOMIE INSTANT NOODLE “Among Perspective of University Students In Yogyakarta”
Abstract
Iklan adalah satu dari beberapa komponen pada komunikasi pemasaran yang
sering kali digunakan oleh organisasi atau kesatuan lain demi membangun
ekuitas merek yang di inginkan. Mengacu pada konsep dari ekuitas merek oleh
David Aaker pada tahun 1991, ekuitas merek terdiri dari empat komponen yang
mana adalah; kualitas yang dirasakan, kesadaran merek, asosiasi merek, dan
kesetiaan merek. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah demi
meningkatkan tingkat efektifitas dari keputusan perusahaan dalam melakukan
investasi pada iklan. Peneliti mencoba untuk mengkaji hubungan dari iklan
yang telah diluncurkan oleh Indomie dan dampaknya terhadap ekuitas merek
Indomie dari sudut pandang para konsumen. Data diperoleh dengan
menyebarkan kuesioner secara online kepada 300 Mahasiswa yang berdomisili
di Yogyakarta. Perolehan data diolah menggunakan metode Model Persamaan
Struktural dengan AMOS dan SPSS sebagai perangkat lunak pendukung. Bukti
empiris menunjukan bahwa iklan memberikan pengaruh positif terhadap
ekuitas merek.
Collections
- Management [4527]