PENGARUH ADOPTION BARRIER, FAKTOR DEMOGRAFI, DAN SOCIAL INFLUENCE TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MENGADOPSI LAYANAN MOBILE BANKING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor adoption barrier (Usage Barrier, Value Barrier, Risk Barrier, dan Image Barrier), social influence dan faktor demografi (Jumlah Penghasilan, Jenis Kelamin dan Usia) dapat mempengaruhi keputusan konsumen untuk mengadopsi layanan mobile banking. Penelitian ini menggunakan metode Multiple Liniear Regression sebagai metode untuk menganalisis data. Sampel pada penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan nasabah bank yang beroperasi di Yogyakarta, sampel diambil sebanyak 100 orang. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah IBM SPSS Statistics 24. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa variable value Barrier berpengaruh positif secara signifikan terhadap keputusan konsumen untuk mengadopsi layanan mobile banking sedangkan image barrier berpengaruh negatif secara signifikan terhadap keputusan konsumen untuk mengadopsi layanan mobile banking.
Collections
- Management [4527]